, , ,

4 Cara Menyampaikan Pidato Dengan Mudah dan Benar

21.50


Pidato bisa diartikan sebagai suatu ungkapan pikiran seseorang di depan banyak orang atau khalayak ramai untuk menyampaika gagasan gagasan ataupun sambutan yang dilakukan dengan formal dan mudah dimengerti. Pidato bisa ditemukan dalam berbagai acara formal. Ada beberapa cara menurut laman id.wikipedia.com untuk menyampaikan pidato. Keempat cara tersebut yaitu:

1.       Improptu

Cara penyampaian pidato ini yaitu dengan berbicara spontan secara langsung di depan para pedengarnya dan dilakukan tanpa adanya persiapan ataupun pemilihan tema sebelumnya. Hal ini akan membuat kemampuan penyampai pidato ditaruhkan, dimana dalam penyampaian pidatonya harus bisa menentukan tema secara spontan dan merangkai kata – katanya menjadi sebuah kalimat yang sesuai tema pidatonya dan mudah dimengerti oleh penerima pidato.

 
4 Cara Menyampaikan Pidato Dengan Mudah dan Benar
pixabay.com

Akan teteapi hal ini juga kan menjadi mimpi buruk jika penyampai pidato tidak atau belum sepenuhnya menguasai cara berimprovisasi. Karena penyampai pidato akan kesulitan menentukan tema yang akan disampaikan. Begitu juga dalam menyusu kata - katanya. Oleh karena itu cara ini tidak direkomendasikan untuk penyampai pidato yang belum menguasai ilmu berimprovisasi.

2.      Memoriter

Cara yang kedua ini kebalikan dari cara yang pertama, dimana dalam penyampainnya sang penyampai menghapal teks yang sudah dipersiapkannya secara matang matang, entah itu tema dan susuan kalimatnya. Apabila kamu ingin menggunakan cara ini, hal yang perlu diperhatikan adalah teks pidatonya harus sesuai struktur pidato.

Supaya lebih mudah alangkah baiknya dalam menghapal teks pidato yang dihapalkan adalah poin – poinnya saja atau gagasan utamanya yang akan disampaikan saja, jadi tidak perlu menghapal secara keseluruhan.


3.      Naskah

Cara yang ketiga adalah dengan naskah. Jadi si peyampai pidato dalam penyampaiannya lebih sering melihat teks pidato yang sudah disiapkannya karena harus dibaca. Cara ini adalah alternative apabila kamu tidak bisa dengan cara pertama maupun cara kedua.

Akan tetapi, perhatian sang penyampai pidato akan berkurang apabila sering melihat naskah pidato daripada melihat khalayak. Untuk menghindari hal ini terjadi alangkah baiknya di sela – sela membaca naskah, penyampai juga sesekali melihat pendengarnya.

4.     Ekstemporan

Cara yang terakhir ini bisa dibilang yang paling simple karena kita hanya perlu menyiapkan poin poin yang akan disampaikan tanpa perlu membuat naskah teks pidato apalagi menghapalnya. Akan tetapi cara ini juga akan berakhir buruk apabila penyampai tidak bisa mengembangkan setiap poin – poin yang akan disampaikan. Hal ini akan memberikan kesan yang kurang bagus dari pendengar. Penyampai akan terlihat kikuk mati gaya karena tidak mampu mengembangkan poin – poin yang akan disampaikan dan pendengar akan kebingungan denga maksud pidatonya.

Nah, itulah pemaparan sedikit mengenai cara / metode dalam penyampaian pidato. Apaun cara yang kamu pilih dalam menyampaikan pidato pastikan kamu menguasainya dengan baik. Sehingga kamu menjadi lebih percaya diri dan pendengar mudah mengerti dan memahaminya. Keep calm and belajar singkat

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive