, , ,

Trik Membuat Sinopsis Novel yang Baik dan Benar

23.28


Trik Membuat Sinopsis Novel yang Baik dan Benar 
belajar singkat
pixabay.com
 
Sinopsis merupakan ringkasan suatu karangan atau karya seni lain yang biasanya turut mengiringi karya tersebut. Salah satu karangan atau karya yang lazim disinopsiskan adalah novel. Di artikel ini, kita akan mengetahui seperti apa cara membuat sinopsis sebuah novel. Adapun langkah – langkah tersebut dapat kita simak di bawah ini:
1.       Membaca Naskah Novel

Dalam membuat synopsis novel langkah pertama adalah membaca naskah novel tersebut. Kita tidak bisa membacanya secara sekilas, karena nanti aka nada bagian gagasan utama yang tidak tersampaikan di synopsis novel. Membaca keseluruhan naskah novel juga akan memberi kita gambara secara garis besar tetang poin – poi maupu pesa – pesan dan gambaran ceritanya yang ingin disampaikan oleh peulis kepada pembaca. Sehingga kita tahu apa yag akan kita tulis dalam synopsis ovel kita nanti.

2.      Mencatat Gagasan Utama

Mecatat gagasan utama sangat diperlukan untuk membuat suatu synopsis novel. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam megembangkan apa yang akan disampaikan dan tujuan dari penulis novel tersebut. Gagasan utama tentunya gagasan yang ada di novel yang akan kita buat sinopsisnya. Apabila kita sudah mengetahui gagasan utamanya, kita juga akan mengetahui secara garis besar apa isi novel tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu dan mempermudah kita dalam menulis synopsis.

3.      Menulis Ringkasan

Apabila semua gagasan utama sudah didapatkan, tiggal kita kembangkan mejadi sebuah rigkasan. Dalam membuat kalimat rigkasa tentunya harus mengguaka kalimat yang padat, jelas, efektif dan menarik perhatian pembaca. Sehingga bisa menghasilka sebuah synopsis yang bagus dan keren.

4.     Mencantumkan Dialog atau Monolog Novel

Cara merupakan pilihan mau dicatumkan atau tidak itu pilihan pembuat, aka tetapi apabila ingin mencantumkan dialog ataupun monolog pastikan itu yang mearik perhatian pembaca. Sehingga pembaca akan penasaran denga nisi novel tersebut.

5.      Sinopsis Tidak Menyimpang

Tentunya dalam menulis synopsis novel kita tidak boleh menyimpang, seperti yang kita ketahui bahwa sebuah synopsis adalah ringkasan dari sebuah novel. Jadi, pastikan apa yang di tulis sesuai naskah novel yang akan disinopsiskan.

Dari pemaparan di atas, kita bisa simpulkan bahwa cara menulis sinopsis novel yang baik terdiri atas lima cara, yaitu membaca naskah novel secara utuh, mencatat gagasan-gagasan utama yang terkandung di dalamnya, mengembangkan gagasan ke dalam ringkasan yang lebih rinci, mencantumkan dialog atau monolog untuk mempermanis sinopsis, dan tidak menyimpang dari isi naskah novel.
Semua langkah tersebut mesti dilakukan agar sinopsis yang kita buat hisa menjadi sinopsis yang baik, menarik, dan tida menyimpang dari naskah novel secara keseluruhan.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive