, , ,

Menentukan Informasi Tersirat dalam soal UN Bahasa Inggris

16.10

Menentukan Informasi Tersirat dalam soal UN Bahasa Inggris

Informasi tersirat (not clearly stated information), dalam bacaan kadang kadang kita menemukan pernyataan langsung tentang sesuatu dari penulis. Pernyataan yang dibuat dalam bentuk kalimat – kalimat itu disebut sebagai bukti (evidence). Namun, terkadang penulis tidak selalu menyatakan pernyataannya secara langsunguntuk menyapaikan suatu informasi. Sebagai gantinya, ia nyatakan dengan kata – kata lain.

belajarsingkkat
pixabay.com


Sebagai pembaca yang baik kita harus menggunakan kalimat – kalimat ini sebagai evidence untuk membuat suatu kesimpulan (inference) tentang apa yang penulis maksud. Jadi, informasi tersirat adalah suatu kesimpulan yang logis /masuk akal yang dibuat berdasarkan kata-kata/kalimat-kalimat yang terdapat dalam bacaan atau dengan mengugunakan pengetahuan yang kita miliki atau keduanya (kata – kata/kalimat – kalimat dang pengetahuan kita).

Baca bagian – bagian bacaan yang tidak lengkap berikut, lalu jawab pertanyaan yang diberikan dengan cara menarik kesimpulan berdasarkan bacaan atau pengetahuan anda sendiri.
1.       ….the party started from 10 a.m to 1:00 p.m….
How long did the party last?

Pembahasan :
Pernyataan lama pesta berlangsung memang tidak tertera dengan jelas dalam teks. Oleh karena itu, kita harus mencarinya sendiri melalui petunjuk – petunjuk pada kalimat tersebut. Dari kalimat tersebut, kita mendapatkan petunjuk tentang berapa lama pesta itu berlangsung. Pesta tersebut dimulai pukul 10 a.m. dan selesai pada 1:00 p.m., sehingga pesta berlangsung selama 3 jam.

2.      Morry Smith had a stomach cancer. The docters told him, “You need chemotheraphy to stop the cancer.”
How was Morry Smith?

Pembahasan:
Pertanyaan di atas menanyakan bagaimana keadaan kesehatan Morry. Dalam bacaan ada evidence yang berbunyi, “ Morry Smith had a stomach cancer.” Berdasarkan fakta ini (kata had a stomach cancer = menderita kanker perut), kita dapat menarik kesimpulan bahwa Morry was very sick.

3.      This is Tungkul Maryana. He always makes people laugh. People always wait for his program.
What is Tungkul Maryana like?

Pembahasan:
Evidence : he always makes people laugh. Kata – kata lain bukan sebagai evidence, karena tidak mendukung apa yang ditanyakan.
Conclusion : he is humorous (lucu). Jadi, jawaban soal ini adalah “He is humorous.”

Nah cukup ya, jadi begitu simpelnya menentukan informasi tersirat dalam sebuah teks Bahasa inggris. Kamu tidak perlu tahu arti dari setiap kata pada satu kalimat. Tapi paham dan tahu apa isi kalimat tersebut. Jadi, kamu akan lebih mudah dalam mencari informasi tersiratnya. Semoga bermanfaat. Thanks,. Keep belajar singkat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive