, ,

Pengertian Batang ( Caulis) dan Bagian-Bagiannya

02.17

Pengertian Batang ( Caulis) dan Bagian-Bagiannya
belajar singkat
Batang merupakan salah satu bagian terpenting pada tumbuhan, mengingat hal tersebut maka tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa batang merupakan sumbu dari tumbuhan, dengan adanya batang maka tumbuhan bisa hidup berdiri tegak, batang juga mempunyai fungsi lain seperti halnya sebagia tempat untuk berkembangnya buah, bunga dan juga daun dan beberaap fungsi fisiologis lainnya seperti membantu dalam menyebarkan unsur hara kesuluruh bagian tubuh tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa sifat batang yang harus anda ketahui.
  1. Pada umumnya batang mempunyai bentuk bermacam-macam seperti halnya jenis daun yang sudah kita bahas tadi, batang mempunyai bentuk silidir atau bulat terisi, walaupun banya juga ditemukan batang dengan bentuk yang beragam. Biasanya batang disebut dengan aktiinomorf, artinya dapat sejumlah bidang dibagi menjadi dua bagian yang setangkup.
  2. Batang memiliki ruas-ruas yang bersekat antara batang satu dengan batang lainnya, ruas-ruas ini disebut dengan buku-buku yang nantinya akan ditumbuhi oleh daun. Batang dengan ruas yang paling mudah untuk di ingat seperti pada batang bambu, batang umbi dan batang lainnya.
  3. Batang sendiri biasanya akan tumbuh keatas sesuai dengan arah sinar matahari ( Sifat fototrop atau heliotrop )
  4. Batang selalu memiliki pertumbuhan yang panjang, maka dari itu banyak yang mengatakan bahwa batang tidak memiliki batas pertumbuhan. Sehingga banyak jenis tumbuhan dengan batang yang selalu tumbuh.
  5. Batang selalu mengadakan percabangan baik ke kiri maupun ke kanan, dan yang menarik dari batang sendiri tidak pernah menggugurkan diri sendiri walaupun pada akhirnya hanya ranting-ranting kecil saja.
  6. Pada batang sendiri tidak memiliki warna hijau, batang biasanya memiliki warna cokelat muda, warna hijau biasanya terdapat pada jenis batang seperti singkong dan jenis lainnya.

Sebagai salah satu komponen penting pada tumbuhan, batang sendiri mempunyai tugas yang umumnya cukup besar demi menopang kehidupan tanaman itu sendiri, berikut ini adalah tugas dari batang yang harus kita ketahui.
  1. Tugas batang yang pertama adalah mendukung bagian-bagian pada tanaman seperti daun, buah dan juga bunga.
  2. Batang mampu memperluas bidang asimilasi yang cukup menguntungkan bagi setiap tumbuhan, sehingga tumbuh sedemikian rupa dengan keadaan yang kokoh dan kuat.
  3. Batang juga merupakan salah satu jalan untuk mengangkut unsur hara baik dari dalam tanah maupun dari atas ke bawah, pada proses ini batang memiliki fungsi yang penting yaitu menyebarkan kesuluruh bagian tumbuhan.
  4. Batang juga sebagai tempat untuk menimbun makanan yang nantinya digunakan sebagai cadangan makanan tumbuhan itu sendiri, misalnya pada tanaman ketela atau singkong, Tebu dan juga tanaman sagu.
Dalam jenisnya sendiri ternyata ada dua jenis tumbuhan yang ada di dunia ini, pertama adalah tumbuhan dengan batang dan tumbuhan tanpa batang, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasinya dibawah ini.
# Tumbuhan tanpa batang ( planta acaulis )
Pada umumnya tumbuhan semuanya memiliki batang, hanya saja ada beberapa jenis tumbuhan yang memiliki batang cukup kecil sehingga daun nampak tumbuh dari pangkal akar, sebenarnya semua tumbuhan memiliki batang hanya saja terlihat kecil, contohnya seperti tanaman lobak (Rhapanus sativus ).
# Tumbuhan yang jelas berbatang
Untuk berikutnya adalah jenis tumbuhan yang berbatang, pada bagian ini dibedakan menjadi beberapa jenis batang seperti :
  1. Batang basah ( Herbaceus )
  2. Batang berkayu ( Ligonosus )
  3. Batang rumput ( Calmus )
  4. Batang mendong ( Calumus )
Nah itulah beberapa informasi mengenai pengertian batang dan bagian-bagiannya, semoga informasi ini bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive