, ,

Pengertian Akar ( Radix ) dan Bagian-Bagiannya

04.08

Pengertian Akar ( Radix ) dan Bagian-Bagiannya
belajar singkat
Akar merupakan bagian pokok yang begitu penting pada setiap tumbuhan, melihat tugas akar yang begitu penting, maka bisa dikatakan bahwa akar sendiri merupakan komponen tumbuhan pokok yang menjadi penyongkong tumbuhan untuk tetap berdiri tegak.
Berbicara mengenai akar, pada artikel ini akan dibahas mengenai sifat dan juga bagian-bagian pada akar, untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, silahkan simak mengenai sifat-sifat akar dibawah ini.
Sifat-sifat akar pada tumbuhan
  1. Akar merupakan salah satu organ yang ada pada tumbuhan dan tinggal didalam tanah, biasanya akar akan tumbuh ke dalam disebut dengan ( Geotrop ) atau mengarah ke pusat air ( Hidrotrop ), pada intinya akar akan meninggalkan udara dan cahaya.
  2. Akar berbeda dengan batang dan daun, pada akar tidak memiliki ruas atau berbuku-buku layaknya batang, di akar sendiri hanya akan ditumbuhi dengan rambut akar yang berfungsi untuk mencari air dan menyerap unsur hara yang nantinya akan disebarkan ke atas pada bagian daun.
  3. Untuk mengenai warna akar sendiri biasanya akar memiiki warna keputihan dan cokelat, jarang ditemukan warna akar hijau.
  4. Pada umumnya akar juga bisa tumbuh terus, namun masih kalah dengan pertumbuhan batang yang jauh lebih cepat.
  5. Untuk bentuk pada ujung akar sendiri biasanya runcing, inilah kenapa akar sanggub untuk menembus tanah walaupun jenis tanah yang keras sekalipun.
Dari sifar-sifat akar diatas, jelas sudah terlihat seperti apa tugas agar untuk tumbuhan sendiri, untuk melihat lebih lengkap rinciannya, silahkan simak ulasan dibawah ini yaitu mengenai tugas akar pada tumbuhan :
  1. Akar mampu memperkuat berdirinya tumbuhan, biasanya untuk jenis pepohonan yang besar juga akan memiliki akar dengan ukuran yang besar, ukuran besar yang dimaksudkan disini adalah banyak dengan jumlah akar yang kuat.
  2. Tugas akar yang penting lainnya adalah akar mampu menyerap nutrisi seperti unsur hara yang ada di dalam tanah, bahkan akar sendiri mampu mendeteksi tempat-tempat yang memiliki kandungan air, karena tugas akar ini cukup penting sebagia perkembangan tumbuhan.
  3. Kemudian tugas akar juga akan mengangkut sari-sari makanan dari bawah ke atas pada bagian tumbuhan yang memerlukan, biasanya yang paling diperlukan adalah unsur hara sebagai proses fotosintesis tanaman.
  4. Akar juga bertugas untuk menyimpan makana yang digunakan untuk cadangan makanan.
Sedangkan dari bagian-bagiannya, akar dibedakan menjadi beberapa bagian, seperti dibawah ini.
  1. Leher akar atau pangkal akar ( Collum ), merupakan bagian akar yang bersambungan dengan pangkal akar, disanalah bagian yang mampu menyongkong batang tumbuhan agar tetap berdiri tegak.
  2. Ujung akar ( Apex radiscs ). Pada bagian ini terdapat jaringan akar yang masih muda dan masih mengalami pertumbuhan.
  3. Batang akar ( Corpus radicis ), Bagian ini biasanya terdapat pada leher akar dengan ujungnya.
  4. Cabang-cabang akar ( Radix lateralis ). Merupakan bagian akar yang tidak berhubungan dengan pangkal batang, melainkan bagian yang tumbuh pada ujung akar, dan pada bagian inilah yang nantinya akan menyerap sari makanan dan dibawa ke atas.
  5. Serabut akar ( Fibrilia radicalis ). Merupakan cabang akar dengan bentuk yang halus dan berserabut.
  6. Rambut akar ( Pilus radicalis ). Merupakan bagian yang sebenarnya hasil penonjolan sel-sel kulit luar pada akar, dari adanya rambut ini maka bidang penyerapan nutrisi jauh lebih luas.
  7. Tudung akar ( calyptra ). Merupakan bagian yang terdapat pada bagian ujung akar, fungsinya untuk melindungi ujung akar yang masih muda dan lemah.
Nah itulah beberapa informasi pengertian akar dan bagian-bagiannya, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive