, ,

Pengertian Daun Lengkap dan Tidak Lengkap

05.59

Pengertian Daun Lengkap dan Tidak Lengkap
belajar singkat
Daun merupakan bagian terpenting dalam tumbuhan, daun memiliki banyak fungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, pada artikel kali ini kita akan membahas sejumlah alat hara yang didalamnya termasuk daun dan beberapa bagian-bagian daun yang penting untuk kita ketahui.
Daun atau dengan nama latin Folium merupakan bagian tumbuhan yang begitu penting, pada umumnya daun sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk berfotosintesis yaitu dimana proses tumbuhan untuk menghasilkan makanan yang nantinya akan disebarkan kesuluruh bagian tubuh tumbuhan. Tempat melakatnya daun sendiri berada di batang, pada batang tempat melekatnya daun disebut dengan buku-buku atau Nodus, serta pada bagian atas daun yang berbentuk lekukan dinamakan dengan ketiak daun.
Pada saat proses Fotosintesis sendiri, daun memiliki fungsi untuk menangkap cahaya guna memecah unsur hara dan karbondioksida untuk dijadikan energi berupa Glukosa dan O2. Tugas ini juga tidak luput dari peran Klorofil daun atau zar hijau daun.
Pada umumnya daun merupakan salah satu organ yang memiliki umur cukup terbatas, artinya daun hanya bertahan dalam waktu tertentu saja, alasannya kerena daun akan cepat mati dan kemudian gugur begitu saja. Berbeda dengan batang atau buah yang dihasilkan, umur daun cukup terbatas. Dalam tahap gugurnya daun sendiri pertama-tama daun akan mulai menguning, dan kemudian berwarna cokelat dan kemudian gugur jatuh.
Dalam membedakan warna daun sendiri cukup muda, pertama untuk daun yang berwarna hijau keputihan merupakan daun yang bisa dikatakan masih muda, sedangkan untuk jenis daun yang sudah tua memiliki warna yang lebih hijau pekat atau biasanya berwarna hijau kecoklatan. Warna lain untuk daun yang seringkali kita jumpai seperti warna daun ungu, kuning, merah dan lain-lain disebabkan karena setiap daun memiliki pigmen warna yang berbeda, sel pigmen warna inilah yang menyebabkan daun tidak semuanya berwarna hijau.
Bagian-Bagian Daun
Pada umumnya sebuah tumbuhan memiliki daun yang lengkap, sehingga bisa dipastikan bagian daun yang lengkap akan meliputi beberapa komponen dibawah ini.
  1. Upih daun atau biasa disebut dengan pelepah daun ( Vagina )
  2. Tangkai daun ( Petiolus )
  3. Helaian daun ( Lamina )
Beberapa tanaman yang memiliki daun lengkap seperti contoh diatas misalnya saja seperti halnya tanaman pisang ( Musa paradisiaca L ), Pohon pinang ( Areca Catechu L ) dan Bambu ( Bambusa sp ), serta jenis tumbuhan dan tanaman lainnya.
Kebanyakan tumbuhan memang mempunyai daun, walaupun begitu adapula tumbuhan yang tidak mempunyai daun dengan komponen yang lengkap, beberapa kumungkinan yang terjadi seperti dibawah ini.
  1. Tumbuhan hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja, hal ini terjadi biasanya pada jenis tumbuhan seperti padi ( Oryza sativa L ), Jagung ( Zea mays L ) dan jenis tumbuhan lainnya, biasanya untuk jenis tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan daun bertangkai.
  2. Daun hanya terdiri atas Upih dan helaian saja, untuk daun seperti ini biasanya disebut dengan daun berupih atau berpelepah saja, biasanya untuk jenis tumbuhannya seperti rumput.
  3. Daun pada tumbuhan hanya terdiri helaian saja, tanpa upih dan juga tangkai daun. Untuk penyebutannya sendiri biasa disebut dengan daun Duduk.
  4. Daun dengan tangkai saja, kemudian sebutan lainnya biasa disebut dengan daun tangkai saja, untuk jenis daun seperti ini biasa dikenal dengan daun semu. Terdapat pada jenis tumbuhan seperti Acacia auriculifar.


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive