,

Pengertian Bentuk Batang dan Arah Pertumbuhan Batang Tumbuhan

06.02

Pengertian Bentuk Batang dan Arah Pertumbuhan Batang Tumbuhan
belajar singkat
Kemarin kita sudah membahas mengenai pengertian batang dan juga bagian-bagiannya, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bentuk batang dan juga arah pertumbuhannya, di sekolah kalian mungkin sudah diajari mengenai bagian-bagian batang dan juga bentuk batang, namun jika masih kurang memahami dengan jelas, berikut ini kami akan memberikan ulasan seperti apa bentuk batang dan cara pertumbuhannya. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.
Jenis-Jenis Bentuk Batang
Sebelum masuk ke pembahasan, pada tumbuhan dengan biji terbelah ( Dicotyledonece ) biasanya memiliki batang dengan ujung bawahnya yang jauh lebih besar dan ke ujung semakin mengecil, sehingga batang pada jenis tumbuhan seperti ini jika dipandang seperti limas yang didirkan.  Kemudian pada jenis tumbuhan biji tunggal ( Monocotyledoaea ) sebaliknya memiliki bentuk batang baik dari ujung hingga panggal tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, hampir semua bentuk dari batang tumbuhan tunggal ini sama. Jenis batang ini biasanya bisa dilihat dari jenis tumbuhan seperti Palem ( Palmae ).
Bila kita membicarakan mengenai bentuk batang, maka yang dimaksudkan disini adalah bentuk batang pada bagian penampang melintangnya, dan jika dilihat dari sudut bentuk penampang melintangnya, maka dapat dibedakan bermacam-macam seperti dibawah ini.
  1. Bulat ( Teres ), jenis batang seperti ini biasanya dimiliki oleh beberapa jenis tumbuhan seperti Bambu ( Bambusa sp  ) dan Kelapa ( Cocos nucifera L )
  2. Bersegi ( Angularis ). Dalam bentuk ini ada dua jenis seperti batang segi tiga ( triangularis ) misalnya saja pada jenis rumput teki ( Cyperus rotundus ) dan jenis batang segi empat ( Quadrangularis ) misalnya pada jenis batang markisah ( Passiflora quadrangularis ).
  3. Batang Pipih, untuk jenis batang ini biasanya lebih melebar seperti daun bentuknya, dan mengambil alih tugas daun pula. Untuk batang dengan sifat seperti ini dinamakan dengan batang Filokladia ( Phyllocladium ), dan jika untuk bentuknya sendiri amat pipih dan bentuknya cukup terbatas pada batang disebut dengan ( Muehlenbeckia platyclada meissn ). Yang berikutnya adalah jenis batang pipih Kladodia ( Cladodium), biasanya untuk jenis ini bisa tumbuh terus dan melakukan percabangan seperti pada tanaman kaktus ( Opuntia vulgaris Mill ).
Bagaimana dengan arah tumbuh batang ?
Walaupun sudah banyak dibahas, ternyata batang tumbuh mengikuti arah cahaya, dimana setiap batang yang tumbuh akan mengikuti cahaya dinamakan dengan fototrop atau heliotrop. Berikut arah tumbuh batang.
  1. Tumbuh tegak lurus ( erectus ) yaitu jenis batang yang bisa tumbuh ke arah atas, untuk jenis batang ini biasanya pada tanaman pepaya ( Carica papaya L )
  2. Menggantung ( Dependens, pendulus ), biasanya untuk jenis batang seperti ini dimiliki oleh tumbuhan yang tumbuh di tepi lereng atau jurang, contoh tumbuhan seperti Zebrina pedula Schnitzl, atau seperti jenis tumbuhan yang hidup diatas pohon seperti halnya Epilit, dan anggrek ( Orchidaceae).
  3. Berbaring ( Humifusus ). Biasanya untuk jenis batang seperti ini akan terletak diatas tanah, dan sedikit membengkok ke atas. Misalnya pada jenis batang semangka ( Citrullus vulgaris Schard ).
  4. Menjalar ( Repens ). Pada batang ini pada buku-bukunya keluar akar, misalnya pada umbi jalar ( Ipomoea batatas Poir ).
  5. Serong keatas/Condong ( ascendens ), membengkok ke atas seperti pada kacang tanah ( Arachis hypogaea L )
Nah itulah beberapa arah tumbuh batang yang harus kalian ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive