, , , ,

Trik Menentukan Tujuan Komunikatif Teks UN Bahasa Inggris

23.45


Trik Menentukan Tujuan Komunikatif Teks UN Bahasa Inggris

The purpose of the text atau yang kita lebih kenal tujuan komunikatif suatu text adalah tujuan penulis menulis teks tersebut untuk apa. Setiap teks dibuat dengan suatu maksud tertentu yang hendak disampaikan kepada pembaca. Pertanyaan tentang  tujuan penulisan teks ini biasanya adalah salah satu dari pertanyaan berikut:


·        What is the social function of the text?
·        What is the purpose of the text above?
·        What does the writer write the text for?
·        What is the writer’s intention in writing the text?
Dan jenis pertanyaan lain yang intinya menanyakan apa tujuan dari penulisan teks tersebut.

Catatan:
            Pertanyaan – pertanyaan di atas sebenarnya termasuk dalam kategori informasi tersirat

Berikut ini tujuan komunikatif teks esai pendek yang penting untuk kamu pahami:

1.       Teks procedure
To explain how to do something, how to make something or how to get somewhere, atau to describe how something is made, how something worked, played, etc.
(untuk menjelaskan bagaimana cara melakukan sesuatu, bagaimana cara ke suatu tempat, atau untuk menjelaskan bagaimana benda dibuat, bekerja, dimainkan, dan lainnya).

2.      Teks descriptive
To tell about the subject by describing its features without including personal opinion: atau to describe a person, a place, or a thing to the readers.
(untuk memberitahukan tentang subjek dengan menggambarkan secara nyata tanpa memasukkan pendapat pribadi, atau untuk menggambarkan seseorang, tempat, dan sesuatu kepada pembaca)

3.      Teks recount
To provide the audience with a description of what occurred; atau to retell one’s experience to the readers with the purpose of informing or entertaining.
(intinya untuk menceritakan kembali pengalaman seseorang dengan tujuan untuk hiburan)

4.     Teks narrative
To provide entertainment and to make the audience think about an issue, teach them a lesson, or excite their emotions; atau to amuse/entertain the readers.
(berisi cerita yang memuat pelajaran yang dapat diambil oleh pembaca)

5.      Teks report
To classify and/or describe using facts about the subject’s parts, behavior, and qualities; atau to describe the way a thing/an animal is.
(teks laporan yang berisi suatu objek atau subject yang telah diteliti dan secara nyata benar adanya)
Note:
            Teks report dan teks descriptive sekilas terlihat sama, tetapi sesungguhnya keduanya berbeda. Report membahas sesuatu secara umum sebagai hasil penelitian orang dan kesimpulan yang dibuatnya, misalnya tentang bacaan “The Cat”, maka penulis akan membahas “Cat” secara umum sebagai hasil penelitiannya. 

Sedangkan descriptive menggambarkan sesuatu yang bersifat khusus yang diketahui oleh seseorang, biasanya ditandai dengan kata – kata seperti “My…”, “Jhon’s..”  Misalnya dalam teks “My Cat”, maka penulis hanya akan menggabarkan tentang kucing bukan “Cat” secara umum. Tujuan penulisan tentang “The Cat” dan “My Cat” tentu saja berbeda sebab yang satu berbentuk report dan yang lainnya berbentuk descriptive.

Khusus untuk teks fungsional pendek seperti notice (pemberitahuan), caution atau warning (peringatan), greeting card (kartu ucapan), short message (pesan singkat), invitation (undangan), announcement (pengumuman), advertisement (iklan), letter/e-mail (surat/e-mail), dan schedule (jadwal) tentu saja tujuan komunikatifnya sangat tergantung pada isi dari masing – masing teks tersebut. Tujuan komunikatif dari teks ini akan kita ketahui dengan jelas setelah kita membaca isinya.

Soal yang menanyakan tujuan komunikatif teks bisa sangat sulit manakala kamu tidak memahami jenis teks apa yang kamu baca. Karena itu, kamu perlu mengenal ciri khas suatu teks seperti yang telah dijelaskan.

Trik jitu mengerjakan soal kayak begitu:
1.       Kamu harus paham betul jenis jenis teksnya dan bisa membedakannya,
2.      Jangan baca teksnya tapi soalnya dulu, baru kemudian teksnya. Supaya kamu langsung tau apa yang ditanyakan.
3.      Baca teks nya dengan seksama
4.     Pilih jawaban yang sesuai dengan teks yang dimaksud.

Nah, itulah triknya, semoga bermanfaat

You Might Also Like

1 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive