, , ,

Trik Belajar Speaking Bahasa Inggris Yang Efektif

21.16



Ketika seseorang ingin mempelajari sesuatu, tentu seharusnya ada tujuan spesifik yang ingin diraih. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Untuk memulai belajar, tanya dulu diri Anda: “saya ingin bisa apa?” Jawablah pertanyaan dengan jawaban yang pasti, jelas, spesifik. “pokoknya bisa bahasa Inggris!” bukanlah jawaban. 

belajar singkat
pixabay.com

Setelah tahu tujuan, carilah cara terbaik, paling efektif, paling mudah, untuk meraih tujuan. Yang paling penting yang ingin saya sampaikan pada bagian ini adalah bahwa setiap tujuan memiliki caranya masingmasing. Jika Anda ingin mampu berbicara, tentu berbeda sekali cara belajarnya dengan orang yang ingin meningkatkan skor TOEFL/IELTSnya.

Untuk bisa ngomong Inggris secara lancar, ada 4 hal yang harus Anda miliki. 

1. Vocabulary (kosakata) 

Kunci pertama untuk bisa ngomong Inggris lebih lancar adalah „Vocabulary, perbendaharaan kata. Yang Anda omongkan adalah kata bukan? Semakin makin banyak Anda memiliki kosakata, semakin banyak yang bisa Anda bicarakan, lakukan, dengan bahasa Inggris. 

2. Listen First (dengar dulu)

Untuk berbicara, tentu kosakata yang sudah Anda kuasai harus mampu Anda ucapkan dengan benar. Bagaimana caranya agar kata yang Anda ucap benar dan sesuai sebagaimana mestinya? Kuncinya adalah „Listen First, atau dengar dulu. Agar orang-orang yang juga berbahasa Inggris bisa memahami apa yang Anda katakan, Anda harus tahu bagaimana membunyikan suatu kata dengan benar. 
Jika
tidak, orang akan sulit memahami Anda. Dengarlah bagaimana native speaker mengucapkan suatu kata, tiru saja. Selain Anda dapat mengucapkan kata/kalimat mirip seperti bulek, Anda juga lebih mudah memahami jika mereka berbicara, apalagi orang local yang ngomong. Banyak yang mengeluh soal listening ini, mulailah belajar listening dengan langsung mendengarnya dari native speaker. 

3. Practice from day 1 (langsung praktek dari hari pertama Anda belajar)

Permasalahan paling besar yang sering dialami orang yang sedang belajar bahasa Inggris untuk speaking adalah sulit bisa lancar. Pengen lancar? Praktek setiap hari, kapanpun bila ada kesempatan, kalau perlu berbicara sendiri; di depan cermin, di kamar mandi. Asal jangan di tempat umum saja. Speaking fluency isnt a gift, its a skill you can learn!

4. No worries about grammar

Prinsip bisa ngomong Inggris lancar adalah Fluency first, accuracy second! Lancar dulu, benar – salah belakangan. Prinsip ini bukan berarti mentolerir Anda ngomong asal-asalan, tapi lebih kepada jangan terlalu takut salah ketika berbicara. Enjoy saja. Nanti akan saya ajarkan bagaimana Anda bisa ngomong Inggris dengan baik dan benar meski tidak belajar menghafal rumus grammar. 

Bagaimana cara memiliki banyak kosakata

Banyak orang membuat daftar kosakata, lalu menghafalnya. Misalnya dengan menghafal 5 – 10 kata per hari, dst. Menurut pengalaman banyak orang, cara ini banyak sekali kekurangannya, antara lain: lebih cepat lupa, dan tidak memahami konteks kapan suatu kata dapat digunakan ketika berbicara. Sering terjadi bahwa untuk mengatakan sesuatu dalam bahasa Indonesia, 

Anda memiliki banyak pilihan kata ketika ingin mengucapkannya dalam bahasa Inggris. Jadi masalah, kan? Lalu bagaimana caranya menguasai banyak kosakata berikut memahami bagaimana suatu kata bisa digunakan dengan benar? 
Caranya adalah mempelajari kalimat, bukan hanya satu kata. Atau jika Anda sudah membuat daftar kosakata, buatlah contoh kalimat setiap kata. Lebih baik jika Anda membuat contoh kalimatnya dari kamus bahasa Inggris seperti John M Echols/Hassan Saddily atau dari buku-buku berbahasa Inggris. 
Pengalaman saya? 

Saya dulu banyak membaca buku cerita (seperti novel fiksi/non fiksi), membaca skrip lagu Inggris, koran/majalah, dll dan tanpa sadar saya sudah memiliki banyak kosakata dan memahami konteks penggunaannya sekaligus. Itu masih saya lakukan hingga saat ini. Saya menambah koleksi kosakata Inggris setiap hari tanpa beban menghafal, dan sepertinya tidak ribet seperti harus bawa daftar kosakata kemana-mana.
Carilah buku-buku cerita berbahasa Inggris, banyak tersedia di internet. Silakan cari.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive