, , ,

Trik Bagaimana Cara Belajar Listening dengan Cepat

16.56



Bagaimana cara belajar listening

Postingan kali ini adalah lanjutan trik dari postingan sebelumnya.

Masalah banyak orang dalam listening adalah tidak bisa menangkap kata-kata yang sedang diucapkan satu per satu. Semuanya kedengaran seperti air mengalir “blablablablabla..blurrrrr”. Lalu bagaimana jalan keluarnya?

a. Mendengar hal yang mudah terlebih dahulu

Sesuaikan audio yang Anda dengar kemampuan Anda. Jika Anda benar-benar memiliki kesulitan dalam listening, lebih baik mulai dari audio untuk anak-anak. Masih relatif tidak terlalu cepat dan kosakata/kalimat yang masih sederhana. Jika Anda merasa audio yang Anda dengar sudah terlalu mudah, naikkan levelnya seperti mendengar cerita untuk remaja, lalu tingkatkan ke halhal yang lebih berat seperti mendengar berita, kuliah, talk show, dst. Jangan terbalik, buru-buru langsung mau bisa ngerti nonton film barat.

b. Baca skrip/teks sebelum mendengar

Agar aktifitas belajar listening lebih mudah & efektif, usahakan memahami terlebih dahulu audio yang akan Anda dengar minimal 80% dengan melihat/membaca skrip. Jika Anda lakukan terus menerus selama 1 bulan saja, seperti saya lakukan dulu, Anda akan merasakan dan melihat peningkatan kemampuan listening Anda.

Bagaimana agar lancar

Untuk bisa lancar, kuncinya cuma satu: sering praktek. Apa yang harus Anda praktekkan seharusnya adalah hal-hal yang paling sering Anda lakukan sehari-hari baru hal-hal lain. Carilah teman untuk bisa praktek setiap hari. Cara tercepat dan pasti untuk mendapatkan teman belajar untuk praktek adalah dengan mengikuti kursus atau membuat komunitas belajar – praktek bersama.
Ingat, langsung praktek dari hari pertama belajar. Jika hari ini belajar bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, maka langsung praktekkan itu hari itu juga, berulang-ulang, hingga benar-benar lancar. Oke! Jika sudah belajar materi baru, ulangi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
Bagaimana cara belajar grammar secara alami, tanpa hapal rumus?
Ini teknik yang saya janjikan sebelumnya tentang bagaimana Anda bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar meski tdak menghapal rumus: caranya adalah meniru. Meniru bagaimana orang lain mengatakan/menuliskan kalimat. Banyak cara untuk meniru ini, bisa dengan membaca, melihat skrip lagu/film, dll. Jika dilakukan berulang dan setiap hari, Anda tanpa sadar mampu menggunakan kalimat dengan benar, ya tanpa grammar.
Apa rahasianya?
Ini mungkin karena Anda terbiasa melihat, membaca, mendengar, bagaimana penggunaan kata dalam kalimat dengan macam-macam konteksnya. Tentu Anda tidak hapal rumus grammarnya, tapi yang jelas Anda tahu mana yang benar dan mana yang salah karena sering melihatnya. See? Ingat ya, TIRU SAJA.
Resources (sumber belajar)
Sekali lagi, untuk ngomong Inggris Anda butuh 4 hal:
1.   Vocabulary
2.   Listening (bagaimana cara mengucapkan vocab tertentu dengan benar)
3.   Practice  (praktek agar lancar)
4.   Learn grammar naturally
Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sumber belajar yang memenuhi 4 kebutuhan Anda itu sekaligus:
1. Mencari sendiri
-      Yang Anda butuhkan adalah komputer/laptop/tablet atau device lain serta koneksi internet. Saat ini banyak sekali website, ribuan mungkin, yang menyediakan teks belajar bahasa Inggris yang juga memiliki audio.
-      Buat komunitas belajar. Cari teman. Tidak perlu dan tidak usah banyak, yang penting sama-sama komitmen untuk selalu praktek ngomong ketika bertemu.
Kelebihan dengan mencari sendiri:
-      Gratis alias tidak ada uang yang keluar, Anda hanya membutuhkan waktu untuk mencari.
-      Pengalaman belajar yang sangat luas

Kekurangan dengan mencari sendiri:
-      Waktu yang lama
Ada syarat utama yang harus Anda penuhi ketika mencari sumber sendiri: Anda harus tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan speaking yang sesuai dengan kemampuan awal Anda dalam bahasa
Inggris. Karena bingung, otomatis waktu dihabiskan jadi jauh lebih lama. Akan lebih mudah jika ada orang yang lebih mengerti/mengetahui untuk membantu.
-      Resiko overload informasi
Waktu yang Anda butuhkan untuk memulai belajar menjadi lebih lama karena faktor kedua ini: overload informasi. Website yang menyediakan sumber belajar ini jumlahnya mungkin ribuan. Yang buat lama adalah proses memilih website mana yang benar-benar tepat untuk Anda. Setelah dapat websitenya, dalam satu website juga ada ratusan bahkan ribuan materi yang dapat Anda gunakan. Tentu Anda tidak butuh semua materi sekaligus saat ini. Nah, memilih-milihnya ini lagi cukup banyak menyita waktu Anda. Kebanyakan orang sih langsung donlot semua materi yang ratusan jumlahnya, lalu akhirnya bingung sendiri mau mulai dari mana.
-      Trial error yang tidak terukur
Ini sebenarnya resiko turunan dari banyaknya sumber materi yang Anda kumpulkan. Anda harus coba-coba urutan belajarnya satu per satu. Gagal satu, coba materi lain. Gagal lagi, coba lagi, begitu seterusnya.

2. Berbayar

-      Ikut kursus
Saat ini banyak sekali kursus bahasa Inggris yang tersedia yang dapat Anda pilih. Catatan penting dari saya: pastikan paket belajar yang Anda pilih adalah paket belajar yang sesuai dengan target kemampuan yang Anda inginkan. Jika memang Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara, maka pastikan kursus tsb memberikan materi, teknik, atau metode belajar yang memenuhi 4 unsur yang saya utarakan diatas. Jangan sampai Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara tapi justru yang diberikan ke Anda kebanyakan rumus grammar, sedikit „ruang untuk praktek, tidak ada materi listening, dst.
-      Beli paket belajar online
Sama seperti kursus, beli paket belajar online bisa jadi alternatif yang bagus karena relatif lebih murah daripada Anda ikut kursus. Yang perlu Anda perhatikan juga sama, pastikan materi yang Anda beli sesuai dengan tujuan belajar Anda

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive