,

Trik Mengidentifikasi Isi Teks Biografi dan Iklan

21.53



Trik Mengidentifikasi Isi Teks Biografi dan Iklan

Untuk mengidentifikasi isi sebuah teks biografi dan iklan, kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Hal ini ditujukan supaya kita lebih paham dengan pengertian dasarnya.

Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (nonfiksi / kisah nyata).

Trik Mengidentifikasi Isi Teks Biografi dan Iklan
pixabay.com


Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau meninggal dan data-data pekerjaan seseorang, tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalamikejadian – kejadian tersebut yang  menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi. Ada dua hjal yang dapat dikembangkan menjadi soal dalam sebuah teks biografi, yaitu keistimewaan dan keteladanan. 

Keistimewaan merupakan hal-hal khusus yang dimiliki oleh tokoh dalam biografi tentang kehidupannya. Kekhususan ini tidak sama antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain. Keteladanan merupakan sikap-sikap terpuji yang tergambar dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

Contoh biografi:
Chairil Anwar (lahir di Medan, Sumatera Utara 12 Juli 1922 – meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun) atau dikenal sebagai “Si Binatang Jalang” (dari karyanya yang berjudul “Aku”) adalah penyair terkemuka Indonesia. Ia adalah tipe pemuda yang gemar belajar dan membaca. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor sebagai Angkatan ’45 dan puisi modern Indonesia.

Contoh keistimewaan: Chairil Anwar dinobatkan sebagai angkatan ’45 dan puisi modern Indonesia.

Contoh Keteladanan: Chairil Anwar adalah tipe pemuda yang suka belajar dan membaca.

Dari contoh di atas kita dapat menyimpulkan, bahwa keistimewaan tokoh tidak lain adalah sebuah prestasi dalam hidupnya. Sedangkan keteladan tokoh merupakan sifat kepribadiannya yang baik dan dapat kita contoh dalam kehidupan sehari hari.


Adapun iklan adalah rangkaian teks atau gambar atau keduanya yang dibuat dengan kalimat semenarik mungkin agar pembacanya terpengaruh untuk membeli. Umumnya, iklan bersifat persuasive dan sugestif. Jenis iklan bermacam – macam, misalnya ikaln produk, ikaln baris pada koran, atau iklan lamaran pekerjaan.

Contoh Iklan:
Promosi habis-habisan! Dapatkan segera modem Bramstocker hanya dengan harga Rp254.000! Dengan kecepatan 7,2 Mbps kamu bisa memperoleh akses supercepat! Tunggu apalagi? Ayo, buruan dapatkan modem Bramstocker di toko terdekat!

Isi iklan di atas adalah penjualan terhadap modem, dengan kalimat semenarik mungkin dan sesuai fakta diharapkan para pembacanya akan tertarik untuk membeli.

Demikianlah trik singkat mengidentifikasi isi teks biografi dan iklan. Tetap membaca dan semangat. Usahakan belajar singkat tapi melekat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive