,

Rangkuman Materi Komponen Ekosistem

22.11



Rangkuman Materi Komponen Ekosistem

Ekosistem

Suatu ekosistem tersusun dari komponen hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotic). Kedua komponen ini saling memengaruhi dan saling berinteraksi.
 

1.       Komponen Biotik

Menurut perannya dalam ekosistem, komponen biotik dikelompokkan menjadi produsen, konsumen, dan decomposer atau pengurai. Sedangkan dilihat dari cara mendapatkan  makanan, komponen biotik dalam sebuah ekosistem dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu organisme autotrof dan heterotroph.

2.      Komponen abiotic

Komponen abiotic ini merupakan semua beda yang tak hidup yang berbeda di sekitar makhluk hidup, seperti tanah, air, udara, api, cahaya matahari, iklim dan cuaca.

Saling Ketergantungan Antarsesama Biotik

            Semua makhluk yang ada di bumi tidak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan sesuatu di sekitarnya. Antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya akan terjalin sebuah hubungan ketergantungan . sehingga apabila ada salah satu makhluk yang berubah dalam rantai ketergantungan tersebut, maka akan mengubah pula seluruh ekosistem tersebut. 

Salah satu peristiwa ketergantungan antar makhluk adalah makan dan dimakan. Peristiwa ini terjadi antara produsen, konsumen, dan pengurai yang akan membentuk:

a.     Rantai makanan, adalah suatu peristiwa makan dan dimakan sesuai urutan tertentu yang dimulai dari tumbuhan sampai pengurai dan kembali lagi ke tumbuhan.

b.     Jaring – jaring makanan, adalah kumpulan sebuah peristiwa makan dan dimakan dalam ekosistem yang tercipta dari banyak rantai makanan.

c.      Piramida makanan, adalah bentuk piramida yang menggambarkan perbandingan banyak sedikitnya kandungan zat makanan dan aliran energy dari produsen ke tingkat konsumen pertama, ke konsumen tingkat kedua, ke konsumen tingkat ketiga, dan ke tingkat selanjutnya dalam satu ekosistem.

d.     Perpindahan energi yang berawal dari energy utama yaitu cahaya matahari. Tumbuhan kemudia memanfaatkannya untuk proses fotosintesis. Dalam proses fotosintesis akan menghasilkan zat makanan yaitu zat tepung yang mengandung energy kimia. Jadi, melalui proses fotosintesis terjadi pengubahan energy dari cahaya matahari menjadi energy kimia.


Nah, begitulah rangkuman materi komponen ekosistem. Cukup belajar singkat tapi ilmunya melekat. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive