, ,

Trik Membedakan Gagasan Utama dan Kalimat utama

22.10

Trik Membedakan Gagasan Utama dan Kalimat utama 

Gagasan utama atau ide pokok adalah sebuah pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau bisa digambarkan sebagai induknya suatu paragraf.   

Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letak gagasan utama biasanya di awal atau akhir paragraf. Ada juga yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi.  

belajar singkat
pixabay.com


Apabila paragrafnya berupa paragraf campuran, gagasan utamanya terdapat di awal dan akhir paragraf. Menurut guru Bahasa Indonesiaku waktu SMK, paragraf hanya ada dua jenis yaitu deduktif (awal) dan induktif (akhir). 

Perlu kamu ketahui, ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna yang paling umum di antara kalimat kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama. Sehingga kalimat tersebut masih memungkinkan untuk dijabarkan menjadi kalimat kalimat yang lebih spesifik.  

Contoh 1; 
Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. Akyu beserta kakak dan adik-adikku merasa tenteram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang bersenda gurau tentang berbagai hal yang kami alami. Teman – temanku juga merasa betah bila belajar di rumahku. Tempatnya memang nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil dan tetangganya ramah – ramah. 
Kalimat utama: 
Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. 
Gtagasan Utama: 
Faktor – faktor yang menyebabkan rumahku menyenangkan. 
Kita lihat, kalimat utamanya adalah 'Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan", kalimat ini kemudian dijelaskan oleh kalimat kalimat selanjutnya yang lebih sepesifik mengapa rumah tempat tinggalku menyenangkan. 

Contoh 2: 
Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerjanya yang baik. Ratu lebah menghasilkan 2000 sampai 3000 butir telur setiap hari. Seekor ratu lebah juga bertugas melahirkan calon ratu. Oleh lebah pekerja, lebah calon ratu ini akan dibawa ke dalam sebuah ruangan. Lalu, ruangan ini dimasukkan cairan kuning (royal jelly).  
Lebah pekerja juga bertugas mengangkut air dan serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, dan mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk phon. Lebah pekerja dibantu lebah jantan dalam menyelesaikan tugasnya. Secara khusus, lebah jantan bertugas mencari tempat – tempat yang banyak mengandung sari madu.  
Dengan tarian lebah, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain ketika menemukan suatu tempat yang mengandung banyak sari madu. 
Kalimat Utama; 
Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik. 
Gagasan utama: 
Sistem pembagian kerja lebah. 

Nah, seperti itulah trik belajar singkat mengenai gagasan utama dan kalimat utama. Apabila mengalami kesulitan, silahkan tanya kepada guru bahasa Indonesia kamu terlebih dahulu, karena belum tentu saya bisa menjawab pertanyaan kalian.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive