, , , , ,

Trik Cepat Menghitung Perkalian 5

21.30


Trik Cepat Menghitung Perkalian 5

Dalam waktu dekat ini Ujian Nasional  akan segera dilaksanakan untuk berbagai tingkat pendidikan dari SD sampai SMA Sederajat. Perlu persiapan yang matang dan membutuhkan waktu cukup lama, serta kesabaran tentunya dalam menghadapi materi yang susah dipahami. Berbicara materi yang susah dipahami diantaranya perhitungan atau matematika. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara singkat trik perkalian 5 dengan mudah dan cepat.



Sebenarnya yang membuat kita sulit bahkan susah memahami matematika atau perhitungan adalah mindset kita sendiri atau pola piker kita yang salah. Kita terlalu cepat memvonis bahwa perhitungan itu sulit. Coba kita balik kalimat tersebut bahwa perhitungan itu mudah dan menyenangkan asal kita tahu hal hal dasar dan triknya.

Untuk itu, apabila kamu mengalami kendala dalam berhitung coba sabra terlebih dahulu dan tenangkan pikiran lalu cari dimana letak sulitnya dan mengapa bisa kesulitan, padahal guru sudah menerangkan dengan jelas dan sangat detail. Dari sini kita lihat siapa yang kurang memahami, diri kamu sendiri yang kurang giat belajar atau guru di sekolah yang tidak mengajarkan caranya.

Oke langsung saja kembali ke judul yaitu trik perkalian 5 dengan cepat.
Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah setiap perkalian 5 angka terakhir pasti hasilnya 5 atau 0. Hal ini sudah dipastikan dan tidak ada perkalian lima bilangan bulat akan menghasilkan angka terakhir 4, 3 atau bahkan 7.
TRIK cepat perkalian  5 adalah dengan cara dibagi 2 lalu dikalikan 10.
Contoh:  
12x5=60
Mungkin kamu menghitungnya dengan cara perkalian manual akan membutuhkan waktu yang lumayan banyak meski 10 detik. Tapi dengan trik cepat ini kamu bisa memangkas sampai 5 detik mungkin hehehe.
Langkah pertama yaitu 12 dibagi 2 terlebih dahulu = 6
Langkah kedua yaitu lalu hasilnya dikalikan 10. Jadi, 6x10=60
Mudah kan?
Mengapa bisa dibagi 2 lalu dikalikan 10? Dari mana asalnya?
5 = 10/2
Jadi kita boleh dong mengganti 5 dengan 10/2
Contoh;
24x5 = 24x10/2
Bisa dipahami kan?
Jadi 24 dibgai 2 lalu dikalikan 10. Sebenarnya bisa juga 24 dikalikan 10 lalu dibagi 2. Hasilnya sama saja, tinggal pilih mana yang meurut kamu lebih cepat. Kalau aku lebih milih yang pertama, yaitu dengan dibagi 2 terlebih dahulu lalu dikalikan 10.
Hasil 24x5=120
24 dibagi 2 sama dengan 12, lalu dikalikan 10 sama dengan 120.
Contoh lain:
57x5=….
Langkah awal yaitu 57 dibagi 2 sama dengan 28,5 lalu dikalikan 10 sama dengan 285.
Bagaimana? Paham? Lebih mudah kan?
Terus bagaimana kalau ratusan, ribuan?
Sama saja caranya yaitu dibagi 2 lalu dikalikan 10 atau dikalikan 10 dulu lalu dibagi 2. Pilih yang menurutmu lebih cepat.
Sekian trik dan belajar singkatnya, semoga bermanfaat dan semangat terus belajarnya!!! Mwah.



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive