, ,

Trik Menentukan Isi Tersurat Teks Nonsastra USBN 2019

18.51


Trik Menentukan Isi Tersurat Teks Nonsastra USBN 2018

Dalam USBN sebelum - sebelumnya materi ini selalu diujikan dan seperti biasanya kali ini mari belajar singkat mengenai trik menentukan isi tersurat teks nonsastra. Kita hanya perlu memahami key point atau secara jelasannya adalah poin kunci. Poin kunci ini akan menjadi patokan utama kita supaya mudah mengingat dan lebih memudahkan lagi dalam belajar.

pixabay.com


Mari kita ingat - ingat sejenak apa itu makna tersirat dan tersurat dalam suat teks terus dimana letak perbedaannya dan bagaimana cara mempermudah kita untuk mengingat hal perbedaan tersebut. Selain itu kita perlu mengetahui apa itu teks sastra dan nonsastra. Apabila kamu sudah mengetahuinya dengan baik itu merupakan nilai tambah dan dengan membaca artikel ini semoga bisa membantu mempermudah belajarnya.

Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis dengan jelas dalam teks bacaan. Sedangkan informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas dalam bacaan. Bacaan dalam hal ini adalah teks nonsastra.

Teks nonsastra adalah karangan ilmiah dan bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Berbeda dengan teks sastra yang bertujuan untuk hiburan dan kepuasan batin. Teks nonsastra mengutamakan kelogisan dalam pengungkapannya. Contoh teks nonsastra adalah artikel, berita, dan karya ilmiah.

Setelah mengetahui pengertian - pengertian tersebut, mari kita bahas triknya:

1. Baca terlebih dahulu pertanyaannya

Dalam setiap soal bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang saya lakukan pertama kali  adalah membaca soalnya terlebih dahulu. Hal ini saya lakukan untuk mengetahui apa yang ditanyakan dan mecari poin kuncinya. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan akan membuat kita lebih mudah menentukan teks mana yang memuat informasi yang mengandung jawaban. Dalam hal ini adalah informasi teks tersurat Nonsastra.

2. Menentukan gagasan utama

Hal selanjutnya adalah menentukan gagasan utama paragraf. Menentukan gagasan utama akan memudahkan kita menemukan maksud dari paragraf tersebut itu apa. Dengan demikian akan semakin mudah untuk mencari jawabannya. Tentukan mana yang kalimat utama dan kalimat penjelas di paragraf tersebut. Ingat ingat denga baik informasinya.

3. Tentukan Jawaban

Yang terakhir adalah menetukan jawaban berdasarkan informasi yan telah kita peroleh dari hasil membaca tadi. Cari jawaban yang mengandung informasi sama sesuai teks bacaan. Dalam hal ini adalah menentukan isi tersurat teks nonsastra maka kemungkinan besar sangat mudah sekali untuk menjawabnya jika mengetahui triknya.

Nah, hanya seperti itu triknya. Mudah dan simple sekali dan mudah untuk diterapkan. Selalu belajar hal dasar untuk memulai hal besar. Selamat belajar dan keep belajar singkat tapi melekat.


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive