,

Trik Menyikapi Metode Baru SBMPTN 2019

10.38


Menyikapi Metode Baru SBMPTN 2019

Beberapa waktu yang lalu, kita mengetahui bahwa Kemenristekdikti telah mengumumkan adanya hal baru dalam tes penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi tahun 2019 mendatang. Tidak perlu panjang lebar menjelaskan hal ini karena saya yakin ketika kalian singgah di blog ini berarti kalian sudah mengetahui informasi tersebut.

pixabay


Lalu, apakah langkah selanjutnya yang harus kita lakukan untuk menangani perubahan itu? Apakah ada hal yang berbeda dengan soal soal SBMPTN tahun tahun sebelumnya?

Perbedaan inilah yang harus kita atasi dengan beberapa trik sederhana berikut:
·        Tenang dan tetap belajar
Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menanggapi informasi tersebut adalah tenang dan tetap belajar. Orang yang tenang dalam menghadapi perubahan pasti akan mampu mengatasinya dengan mudah dan tidak membuatnya malah menjadi tambah pusing bahkan stress.

Sedangkan tetap belajar adalah salah satu bentuk usaha kita untuk menunjukkan bahwa kita bersungguh – sungguh ingin menggali ilmu yang lebih di PTN, tentu harus dibarengi dengan doa yang kuat dan konsisten.

Tetap belajar sesuai materi yang akan diujikan. Ingat, jangan salah pilih jurusan.

·        Optimis dan tekad yang kuat

Terkadang rasa optimis kita semakin menipis seiring waktu karena kita sendiri merasa tidak mampu untuk menghadapi materi materi yang begitu sulit untuk dipelajari. Terlebih kalo kita ini gap year. Kayaknya banyak duka – dukanya yang gap year dibangdingkan dengan yang fresh graduate. Karena gap year sudah pasti agak lupa – lupa ingat dengan materi yang dulu. Terlebih lagi dengan yang lintas jurusan, pasti akan terasa berat bahkan lebih berat dari rindu, eh.

Apapun alasanmu yang menguatkan rasa pesimis ketimbang rasa optimismu, yakinlah kalau kamu berhak mendapatkan hal terbaik dari usaha terbaik juga. Jadi, kamu harus tetap optimis dan bertekad kuat untuk melawan rasa malas. Kamu yakin kalau kamu kuat melihat teman – temanmu yang sudah masuk PTN impian sedangkan kamu belum? atau kamu tidak mau melihat orantuamu menangis bangga kepadamu pas wisuda?

Ayolah, tetap semangat dan jadikan itu semua sebagai pondasi kuatmu untuk melawan rasa malas belajarmu.

·        Berprogres

Tiap harinya waktu terus berjalan, meski waktu itu tidak punya kaki. Oleh karena itu lakukanlah progress menuju kebaikan sedikit apapun bentuknya dalam hal bejarmu. Pasang target yang tinggi dan jangan tanggung – tanggung. Setiap orang punya hak kok untuk menargetkan sesuatu yang diinginkan oleh dirinya sendiri. Kewajiban selanjutnya adalah kita harus mewujudkan target kita dengan usaha dan kemampuan yang kita miliki. Dalam hal ini yaitu untuk memasuki PTN favorit.

Tidak ada salahnya kita menargetkan masuk ke ITB, siapa tahu nanti takdir kita berbicara dan waktu menyetujuinya bahwa kita sendiri lebih pantas di UI, ya siapa tahu.

·        Evaluasi

Tetap lakukan minimal seminggu sekali mulai dari sekarang untuk melakukan evaluasi diri terhadap apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan melakukan evaluasi nanti dengan sendirinya akan ketahuan dibagian mana dan materi apa yang belum kita kuasai. Lalu kita perbaiki dengan kekurangan tersebut dengan belajar lagi dan lagi. Apabila menemui kesulitan dan sudah buntu, jangan sungkan untuk belajar kepada yang sudah ahlinya. Bisa juga dengan mengikuti bimbingan belajar online maupun offline.

Dengan begitu kita akan merasa mudah dan terbantu.

·        Kamu tidak bisa usaha sendiri

Dalamhal apapun kamu harus ingat bahwa kamu tidak bisa usaha sendiri. Tidak hanya melibatkan manusia, kamu perlu melibatkan sang penciptaMu. Minta dan mohonlah kepadaNya supaya dipermudahkan dan dilancarkan dlam urusan belajar.

Demikian saya sampaikan, kita sama sama belajar dan sama sama ingin ilmu. Oleh karena itu kamu mempunyai hak dan kewajiban atas apa apa yang ingin kamu kehendaki dengan “granted” dariNya tentunya. Keep Never Tired Learning.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive