, ,

Trik Menjawab Soal Gagasan Utama Ujian Bahasa Indonesia dengan Cepat

21.24


Trik Menjawab Soal Gagasan Utama Ujian Bahasa Indonesia dengan Cepat

Ujian bahasa Indonesia bagi beberapa orang akan dianggap mudah dan dikesampingkan soal soalnya karena menurutnya enteng dan mudah untuk menjawabnya. Akan tetapi apa salahnya kita lebih permudah lagi dengan bebrapa trik berikut ini.
Membaca Menurut Anderson ada 7 tujuan:
1.       Membaca untuk emndapatkan fakta atau detail
2.      Membaca untuk mendapatkan ide utama
3.      Membaca untuk mendapatkan susunan/struktur tulisan
4.      Membaca untuk menyimpulkan
5.      Membaca untuk mengelompokkan
6.      Membaca untuk menilai/evaluasi
7.      Membaca untuk membandingkan


Pada kesempatan ini mari kita bahas secara singkat mengenai membaca untuk mendapatkan ide utama. Beda halnya dengan membaca perasaan orang loh yaa.
Contoh sederhananya adalah ketika kamu membaca cara – cara atau tutorial membuat kue yang enak. Tentunya kamu akan menginginkan supaya bias cepat menemukan ide dan informasi pembuatan kue yang enak itu seperti apa dan bagaimana caranya tanpa banyak membuang waktu untuk membacanya. Dalam hal ini kamu tipe aku banget, karena ngga suka basa basi, ehh
Cara Menjawab Soal Gagasan Utama Ujian Bahasa Indonesia dengan Cepat dlakukan dengan sederhana. Yaitu mengetahui terlebih dahulu kalimat topic atau atau ide pokok. Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, pastikan dahulu pertanyaannya. Apa yang ditanyakan dalam soal memang benar benar menanyakan gagasan utama atau ide pokok. Jangan sampai salah membaca pertanyaan.

Dalam membaca teks paragraf yang disediakan dalam soal, terkadang kita dibuat jengkel karena panjang  teks tersebut mungkin sama halnya dengan sebuah novel. Bahkan saya sendiri sering  menjumpai  teks paragraf yang  bisa sampai 5 paragraf. Oleh karena itu saya menyarankan untuk teliti dalam membaca soal. Harus benar benar tahu apa yang ditanyakan.

Hal selanjutnya setelah membaca pertanyaan kita focus membaca teks paragraf yang dimaksud dalam pertanyaan. Apabila yang ditanyakan adalah gagasan utama dalam paragraf satu, kita cukup membaca paragraf satunya saja terlebih dahulu. Jangan langsung dibaca semuanya. Nanti malah gelagapan setelah membaca teks paragraf semuanya tetapi belum tau apa yang ditanyakan. Hal seperti inilah yang kadang membuat kita mengulang membacanya lagi. Padahal waktu yang kita miliki tidak banyak.

Kemudian selagi kita membaca fokuslah untuk mencari  kalimat topic. Kalimat topic inilah yang bisa menuntun kita menemukan gagasan utama atau ide pokok dari suatu paragraf. Kalimat topic ini adalah kalimat kunci suatu paragraf, apabila kita berhasi menemukan kalimat topic ini. Kita sudah bisa menentukan gagasan utama.  Selain itu, apabila kita berhasil menemukan kalimat topic ini, kita sudah bisa memahami seluruh isi bacaan.

Akhadiah menyatakan, “Setiap paragraf harus mengandung satu gagasan pokok atau satu topik. Jika misalnya ada satu paragraf berisi dua pikiran utama, paragraf itu haruslah dijadikan dua paragraf. Jika satu paragraf itu berisi tiga pikiran utama, paragraf itu haruslah dijadikan tiga paragraf”.

Saya rasa hanya itu saja yang  bisa  saya sampaikan mengenai  Trik Menjawab Soal Gagasan Utama Ujian Bahasa Indonesia dengan Cepat. Saya yakin kalian sudah mengetahui dan memahami apa itu paragraf eduktif dan induktif. Jadi, saya tidak perlu menjelaskan lebih dalam lagi. Sudah banyak pula blog lain yang membahasnya. Kalian bisa mengunjungi blog lain itung itung jalan jalan dan melihat bahwa yang lain kadang lebih menarik.
Sekian dan selamat semangat belajar dengan singkat tapi melekat.



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive