,

Bentuk Penyajian Suatu Karya Ilmiah

09.22




Dalam sebuah bacaan entah berbenruk buku maupun e-book pastilah kita kan menjumpai yang namanya karya ilmiah. Karya ilmiah selalu menarik terutama untuk pecinta sastra bahasa. Bahasan bahasan yang terkandung didalamnya membuat candu tersendiri untuk kita. Mari kita bahas singkat mengenai bentuk  karya ilmiah.

Karya ilmiah dapat disajikan dalam berbagai bentuk penyajian. Namun bentuk penyajian tersebut memiliki perbedaan pada setiap strukturnya. Pada umumnya karya ilmiah disajikan dengan 3 bentuk penyajian yaitu populer, bentuk semiformal, dan bentuk formal.



-          Bentuk populer
Karya ilmiah yang satu ini memiliki karya ringkas. mengapa dinamakan populer? karena gaya penyajiannya yang menarik dan disukai oleh sebagian besar orang. Selain itu topik pembahasannya juga ringan, mudah dipahami, Kalimatnya sederhana, lancar tidak berupa senda gurau dan tidak pula berbentuk fantasi.

-          Bentuk semiformal
Secara garis besar, karya ilmiah bentuk ini terdiri dari:
-- halaman judul
-- kata pengantar
--  daftar isi
--  pendahuluan
--  pembahasan
--  simpulan, dan
--  daftar pustaka
Karya ilmiah seperti ini biasanya digunakan dalam berbagai jenis laporan biasa dan makalah

-          Bentuk formal
Sesuai namanya, karya ilmiah ini disusun dengan memenuhi unsur- unsur kelengkapan akademis secara lengkap, seperti dalam skripsi, tesis, atau disertasi. Berikut unsur - unsur karya ilmiah formal:
--  judul
--  tim pembimibing
--  kata pengantar
--  abstrak
--  daftar isi
--  bab pendahuluan
--  bab telaah kepustakaan/kerangka teoretis
--  bab metode penelitian
--  bab pembahasan hasil peneliatian
--  bab simpulan dan rekomendasi
--  daftar pustaka
--  lampiran - lampiran
--  riwayat hidup

Nah, itulah pembahasan singkat dan ringkas mengenai bentuk penyajian karya ilmiah. Semoga kamu cepat belajar dan bias menguasai materi ilmiah. Dalam beberapa hal yang singkat singkat adalah hal yang mudah diingat, jadi belajarlah sedikit demi sedikit sampai menguasai materinya secara keseluran baru lanjut ke materi berikutnya. Dengan cara membagi pelajaran ke hal hal yang lebih keci. Semoga bermanfaat dan salam belajar singkat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive