,

Rangkuman Pembahasan Huruf Diftong dan Gabungan Huruf Konsonan

21.54


Rangkuman Pembahasan Huruf Diftong dan Gabungan Huruf Konsonan
Penulisan huruf yang baik dan benar telah diatur dalam Ejaan yan Disempurnakan atau kini lebih dikenal dengan sebutan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Kali ini kita akan membahas dua diantaranya yaitu penulisan huruf diftong dan huruf konsonan yang penulisannya telah diatur dalam PUEBI. Mari Bersama simak pembahasan singkat mengenai dua huruf tersebut di bawah ini:
Rangkuman Pembahasan Huruf Diftong dan Gabungan Huruf Konsonan
pixabay

1. Huruf Diftong
Huruf diftong adalah huruf yang terbentuk dari hasil penggabungan dua huruf vokal yang menghasilkan satu bunyi huruf vokal yang baru. Dikutip dari laman puebi.readthedocs.io, huruf-huruf diftong terdiri dari empat buah huruf, yaitu ai, au, ei, dan oi. Keempat huruf tersebut bisa diletakkan di awal, tengah, maupun akhir sebuah kata. Perlu kamu ketahui, huruf ini tidak bisa dipisahkan ketika hendak dipenggal. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada tabel berikut ini!
No
Huruf Diftong
Di Posisi Awal Kata
Di Bagian Tengah Kata
Di Bagian Akhir Kata
1
ai
balairung 
pandai
2
au
autodidak
taufik
harimau
3
ei
eigendom 
geiser
survei
4
oi
boikot
konvoi





2. Gabungan Huruf Konsonan

Selanjutnya adalah gabungan huruf konsonan, yang penulisannya juga diatur dalam PUEBI. Seperti Namanya, huruf ini adalah gabungan dari beberapa konsonan sehingga membentuk bunyi konsonan yang baru. Dikutip dari  laman puebi.readthedocs.io, huruf-huruf yang termasuk ke dalam huruf ini yaitu  kh, ng, ny, dan sy.  
Seperti halnya pada huruf diftong, huruf gabungan konsonan juga bisa digunakan di awal, tengah, dan akhir sebuah kata. Selain itu, kedua huruf yang terdapat pada huruf gabungan konsonan ini juga tidak bisa dipotong atau dipenggal saat suatu kata mengalami suatu pemenggalan kata. Untuk lebih memahami huruf ini, berikut ditampilkan tabel yang ada di berikut ini!
No
Gabungan Huruf Konsonan
Bagian Awal Kata
Bagian Tengah Kata
Bagian Akhir Kata
1
kh
khazanah 
akhir 
tarikh
2
ng
ngarai 
bangsa
buang
3
ny
 nyonya
suny
4
sy
 syarikat
masyarakat
arasy

Sekian pembahasan singkat mengenai huruf gabungan diftong dan gabungan konsonan, semoga bermanfaat untuk ummat sastra Indonesia.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive