, , ,

Menggunakan Tanda Kurung dan Tanda Kurung Siku yang Benar menurut EYD

12.49


Menggunakan Tanda Kurung dan Tanda Kurung Siku yang Benar menurut EYD
Penggunaan tanda baca menjadi salah satu indicator sebuah tulisan baik dan benar. Karena apabila dalam penggunaan tanda baca terjadi kesalahan akan mengakibatkan perubahan makna pada kalimat. Oleh karena itu, hal yang perlu diperhatikan setiap merangkai setiap kalimat adalah penggunaan tanda baca. Tentu tanda baca yang baik dan benar adalah tanda baca yang sesuai dengan aturan EYD
Menggunakan Tanda Kurung dan Tanda Kurung Siku yang Benar menurut EYD
pixabay.com

Tanda kurung merupakan salah satu tanda baca dalam bahasa Indonesia. Tanda kurung dituliskan secara berpasangan dan disisipkan ke dalam teks. Terdapat empat  macam tanda kurung, yaitu tanda kurung lengkung (tanda kurung), tanda kurung siku, tanda kurung kurawal, dan tanda kurung sudut. Pembahasan kita kali ini akan difokuskan pada tanda kurung dan tanda kurung siku.
Penggunaan Tanda Kurung (…)
Tanda kurung secara umum digunakan sebagai penyebut tanda kurung lengkung. Penggunaan tanda kurung sesuai EYD melibatkan beberapa fungsi. Fungsi penulisan tanda kurung adalah untuk mengapit:
1. Keterangan atau penjelasan
Tanda kurung dapat digunakan untuk mengapit suatu keterangan tambahan. Penulisan untuk fungsi ini dilakukan dengan mendahulukan bentuk lengkap hal yang akan dijelaskan kemudian bentuk singkatannya. Perhatikan contoh berikut:
·         Tugas makalah ini membahas tentang penerapan Algoritma Bee Colony Optimization (BCO) dalam kehidupan sehari-hari. Algoritma BCO disusun dari pengkajian terhadap perilaku lebah dan koloninya dalam penemuan sumber makanan. Selanjutnya algoritma BCO diterapkan untuk pemodelan trayek pengangkutan sampah.
·         Setiap keluarga harus mempunyai kartu keluarga (KK). KK bukan hanya syarat administrasi dari pemerintah. Kepemilikan KK dapat bermanfaat bagi setiap individu. Hal ini karena KK diperlukan untuk mengurus surat-surat penting lainnya.
·         PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan tiket ekstra selama liburan Natal dan Tahun Baru. Hal ini dilakukan karena PT KAI memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang selama liburan.
·         Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus dilakukan sendiri oleh pemohon. Pembuatan KTP yang dilakukan oleh calo tidak akan diproses. Selain itu calo KTP dan pemohon yang menggunakan calo akan diberikan sanksi.
2. Keterangan atau penjelasan yang bukan bagian pokok pembicaraan
Keterangan tambahan yang bukan merupakan bagian pokok dari kalimat juga dapat diletakkan dalam tanda kurung. Contohnya:
·         Rincian penyempurnaan pola pikir pembelajaran (lihat lampiran 2) dijadikan pedoman untuk menyusun metode pembelajaran yang aktif dan terintegrasi ke IPTEK.
·         Hampir semua orang yang datang ke Jogja menyempatkan diri untuk mampir ke Wijilan (daerah sentra gudeg di Jogja).
·         Perbedaan kenaikan produksi gula (lihat grafik 1) membuat pengusaha mulai memperhitungkan kembali dana belanjanya.

3. Huruf atau kata jika kehadirannya dapat dihilangkan
Jika keberadaan suatu huruf atau kata dapat dihilangkan, maka tanda kurung dapat dipakai untuk menuliskannya. Contohnya pada kalimat berikut:
·         Ketika liburan, para pendatang berbondong-bondong menuju (Pantai) Parangtritis.
·         Kata feminine diserap ke penggunaan dalam bahasa Indonesia menjadi feminin (e).
·         (Kota) Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar.
4. Angka atau huruf yang merupakan rincian satu urutan keterangan
Selain fungsi di atas, tanda kurung juga dipakai untuk  merinci keterangan. Perhatikan contoh berikut:
·         Terdapat empat  macam tanda kurung, yaitu (1)tanda kurung lengkung (tanda kurung), (2)tanda kurung siku, (3)tanda kurung kurawal, dan (4)tanda kurung sudut
·         Kemarin ibu membeli berbagai macam bahan makanan, antara lain (1) telor, (2)tahu, (3) tempe, (4) sayuran hijau, dan (5) buah-buahan.
·         Berkas yang harus dibawa saat melamar adalah (1) CV, (2) surat lamaran, (3) ijazah terakhir, (4) foto berwarna, dan (5) SKCK.
Penggunaan Tanda Kurung Siku […]
Tanda baca kurung siku digunakan untuk keperluan mengapit kata, huruf, frasa ataupu kalimat. Sama halnya dengan tanda kurung, tanda kurung siku juga mempunyai beberapa fungsi. Penggunaan tanda kurung siku adalah untuk mengapit:
1. Huruf, kata, kelompok kata sebagai keterangan tambahan pada kalimat yang ditulis orang lain.
Tanda kurung siku ini menyatakan penanda kesalahan yang terdapat pada kalimat asli. Tanda baca ini sering digunakan oleh editor untuk menandai kesalahan pada kalimat yang disuntingnya. Contohnya sebagai berikut:
·         Walaupun dalam keadaan hjan, ibu tetap keluar rumah untuk menjemput Risma.  (kalimat asli)
o    Walaupun dalam keadaan h[u]jan, ibu tetap keluar rumah untuk menjemput Risma.  (kalimat direvisi)
·         Ayah memberi kado sepatu futsal Budi sebagai hadiah prestasinya di sekolah. (kalimat asli]
o    Ayah memberi kado sepatu futsal [kepada] Budi sebagai hadiah prestasinya di sekolah. (kalimat direvisi)
·         Pemuka agama meminta para warga saling bertoleransi.(kalimat asli)
o    Pemuka agama meminta para warga [supaya] saling bertoleransi.(kalimat direvisi)

2. Keterangan dalam kalimat penjelas yang sudah dinyatakan dalam tanda kurung.
Perhatikan contoh berikut untuk memahami fungsi tanda kurung siku yang kedua ini:
·         Verba transitif merupakan kata kerja yang membutuhkan objek ataupun pelengkap.  (kalimat asli)
o    Verba transitif merupakan kata kerja yang membutuhkan objek ataupun pelengkap (Contoh dijelaskan pada lampiran 3 [lihat halaman 25]).  (kalimat direvisi)
·         Pembahasan mengenai teori Darwin telah dijelaskan pada buku edisi sebelumnya.  (kalimat asli)
o    Pembahasan mengenai teori Darwin telah dijelaskan pada buku edisi sebelumnya (baca buku “Teori Darwin” [Bab II]).  (kalimat direvisi)
Berdasarkan pembahasan di atas, terdapat perbedaan utama antara ketentuan EYD untuk penggunaan tanda kurung dan tanda kurung siku. Perbedaan tersebut ditampilkan dalam tabel berikut:
Tanda Kurung
Tanda Kurung Siku
digunakan untuk mengapit penjelasan yang bukan bagian utama kalimat
digunakan untuk mengapit penjelasan yang sudah bertanda kurung
digunakan untuk mengapit angka atau huruf yang merupakan urutan keterangan
digunakan sebagai penanda kesalahan yang terdapat dalam naskah/sumber asli
Artikel bahasa lainnya
Demikianlah penggunaan tanda kurung dan tanda kurung siku yang benar menurut EYD. Pemahaman Anda akan menjadi lebih baik dengan mencoba membuat contoh lebih banyak lagi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam belajar penggunaan tanda kurung dan tanda kurung siku menurut EYD. Terima kasih.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive