,

Rangkuman Pengertian Bunga ( Flos) dan Bagian-Bagiannya

06.00

Pengertian Bunga ( Flos) dan Bagian-Bagiannya
Bunga merupakan salah satu komponen penting yang ada pada tumbuhan, setiap tumbuhan terkadang memiliki bunga dan ada juga jenis tumbuhan yang sama sekali tidak mempunyai bunga, pada prinsipnya bunga merupakan bakal buah yang nantinya berubah bentuk untuk menjadi buah pada tanaman, misalnya saja bunga Pepaya yang akan berubah bentuk menjadi buah pepaya, bunga mangga berubah bentuk menjadi buah mangga dan seterusnya.
Pengertian Bunga ( Flos) dan Bagian-Bagiannya
Namun perlu kalian ketahui bahwa bunga juga mempunyai tugas dan sifat yang berbeda untuk setiap tumbuhan. Berikut ini adalah bunga dengan bagian-bagiannya yang perlu kalian ketahui.
  1. Bunga yang bagian-bagiannya menurut garis spiral ( acyclis ), bunga ini memiliki bentuk lebih pilih namun juga lebar, biasanya terdapat para tumbuhan seperti bunga cempaka ( Michella champaka L ).
  2. Kemudian ada bunga yang tersusun atas bagianya yang berbentuk lingkaran ( cyclis ), pada jenis bunga seperti ini lebih kerap ditemukan untuk jenis tanaman seperti bunga terong ( Solanum melongena L ), bunga Bakung ( Hymenocallis littoralis Salisb).
  3. Bunga berikutnya memiliki bentuk pada bagiannya yang spiral dan duduk dalam lingkaran, untuk jenis bunga seperti ini biasanya ada pada jenis tumbuhan sirsat ( Annona muricata L ).
Mengingat bahwa peran bunga begitu penting dalam proses perkembangbiakan, maka bunga memiliki sifat-sifat yang menjadikan dirinya mempunyai ciri-ciri khusus, beberapa sifat bunga yang harus anda ketahui seperti :
  1. Memiliki bau wangi atau bau tidak wangi
  2. Memiliki warna yang indah, warna bunga biasanya berbeda dengan warna tanaman
  3. Memiliki bentuk tersendiri dari setiap bagian organ tumbuhan
  4. Memiliki madu dan tidak memiliki madu
Kemudian setelah itu kita akan membahas mengenai bunga dan juga tata letaknya pada suatu tumbuhan, dalam penerapan ilmu biologi sendiri ada 2 jenis tumbuhan yang memiliki bunga, yang pertama adalah tumbuhan dengan bunga tunggal ( Planta unifora ) dan tumbuhan dengan bunga banyak ( Planta multifora ).
Biasanya untuk jenis bunga tunggal hanya akan tumbuh pada ujung batang saja dan ditemukan banyak daun yang tumbuh pada batang yang beruas-ruas, ini cukup membuktikan bahwa jenis tumbuhan seperti ini adalah tumbuhan monokotil. Berikutnya adalah mengenai letak posisi bunga pada setiap tumbuhan, ada dua letak posisi bunga yang paling sering kita lihat, pertama adalah bunga di ujung batang dan yang kedua adalah bunga di bawah ketiak daun. Berikut penjelasannya.
  1. Bunga di ujung batang ( Flos terminalis ), salah satu contohnya adalah bunga cokelat  dan kembang merak ( Caesalpinia pulcherrima Swartz ).
  2. Bunga diketiak daun ( flos lateralis atau flos axillaris ), misalnya saja untuk bunga jens ini terdapat pada tanaman bunga sepatu ( Hibiscus rosa-sinensis L ), dan kembang talang ( Clitoria ternatea L ).
Sedangkan untuk jenis bunga yang memiliki jumlah banyak yaitu,
  1. Terperncar atau terpisah-pisah ( flores sparsi ), misalnya saja untuk jenis ini terdapat pada kembang sepatu
  2. Berkumpul membentuk serangkaian yang cukup beragam, untuk rangkaian bunga sendiri lebih banyak disebut dengan sebutan bunga majemuk ( anthotaxis atau inflorenscentia ).
Nah itulah sedikit informasi mengenai pengertian bunga ( Flos ) dan beberapa bagian bunga yang perlu kita bahas, terimakasih sudah berkunjung.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive