,

Penjelasan Bagian-Bagian Pada Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap

06.00

Penjelasan Bagian-Bagian Pada Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap
Hello Biolog tangguh, pada kesempatan kali ini kita akan belajar untuk memahami seperti apa perbedaan dari bunga lengkap dan tidak lengkap, mungkin selama ini kalian hanya mengetahui bahwa bunga sama sekali tidak ada bedanya, kalau dilihat secara langsung jelas perbedaanya terlihat dari warnanya, baunya dan bentuknya sendiri.
belajar singkat
Namun tahukah kalian bahwa bunga itu juga mempunyai susunan lengkap dan tidak lengkap, beberapa tanaman di dunia ini juga memiliki bunga lengkap dan adapula yang sama sekali tidak memiliki bunga lengkap. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan simak ulasan dibawah ini.
# Bunga lengkap atau bunga sempurna ( Flos completusl )
Untuk bunga satu ini adalah bunga yang memiliki komponen lengkap atau lebih dikenal dengan sebutan bunga sempurna, beberapa pendapat orang menyebutkan bahwa bunga ini adalah bunga sejati, artinya memiliki setiap bagian yang penting dari sebuah tanaman.
Nah kita lihat bagian-bagian pada bunga lengkap itu seperti apa saja, pertama bunga lengkap akan memiliki 1 lingkaran daun-daun mahkota, biasanya mahkota ini akan berjumlah cukup banyak dan berbuku-buku, contohnya pada bunga Mawar. 
Berikutnya adalah memiliki 1 atau 2 lingkaran benar-benar sari yang merupakan alat penyerbukan pada bunga itu sendiri, dan yang paling penting untuk mengetahui apakah bunga tersebut lengkap atau tidak maka terletak pada bagiannya yang tersusun atas 4 lingkaran yang disebut dengan ( tetrasiklik ) atau 5 lingkaran ( pentasiklik). Contoh bunga lengkap yang bisa kalian temukan seperti : Bunga mawa dan bunga sepatu.
# Bunga tidak Lengkap ( Flos in-completusl)
Sebaliknya pada bunga yang tidak memiliki bagian yang lengkap juga memiliki perbedaan yang cukup jelas, pertama pada hiasan bunga dan alat kelaminnya sama sekali tidak ada, ini menandakan bahwa bunga ini tidak memiliki bagian penting yang seharusnya ada di setiap bunga. 
Kemudian berikutnya adalah tidak ada benang sari atau putik yang terlihat secara jelas, sebutan lain juga adalah bunga tidak memiliki putik atau bunga berkelamin tunggal. Seringkali orang menyebut bahwa bunga dengan mahkota yang serupa dengan daun termasuk ke dalam jenis bunga yang tidak sempurna.
Setelah mengetahui perbedaan dari bunga lengkap dan tidak lengkap, berikutnya kita akan membahas mengenai pengertian kelamin bunga. Bunga juga memiliki alat kelamin yang berfungsi untuk proses perkembangbiakan dengan bantuan dari serangga, angin dan lain-lainnya. Nah berkikut ni adalah alat perkembangbiakan pada bunga.
  1. Bunga berkelamin 2 ( Banci : hermaproditus)

Biasanya merupakan bunga yang termasuk ke dalam kategori sempurna, karena dibunga ini memiliki dua alat kelamin yaitu benang sari ( alat kelamin jantan ) dan putik ( alat kelamin betina ). Salah satu contohnya adalah bunga terung ( Solanum melongena L).

  1. Bunga berkelamin tunggal ( Unixesualis )

Kemudian berikutnya adalah bunga dengan kelamin tunggal, termasuk ke dalam bunga tidak sempurna karena hanya memiliki salah satu alat kelamin saja baik jantan/betina. Pada jenis ini dibedakan kembali menjadi 3 jenis bunga kelamin tunggal. 
Pertama bunga jantan ( flos masculus ), bunga dengan benang sari tanpa adanya putik, kedua bunga betina ( flos femineus ), bunga yang tidak memiliki benang sari, ketiga bunga mandul/tidak berkelamin, biasanya terdapat pada jenis bunga yang tidak memiliki putik dan benang sari, contoh bunga Matahari ( Helianthus anuss L ).
Itulah sedikit penjelasan bagian  bagian pada bunga lengkap dan tidak lengkap. semoga bermanfaat dan keep belajar singkat



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive