,

Pengertian dan Jenis-Jenis Bunga Majemuk ( Antotaxis, Inflorescentia )

07.00

Pengertian dan Jenis-Jenis Bunga Majemuk ( Antotaxis, Inflorescentia )
Bunga merupakan alat perkembangbiakan dan bakal buah yang cukup sermpuna yang ada di setiap tumbuhan, mengenai jenisnya ternyata dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bunga tunggal dan juga bunga majemuk, namun untuk kali ini kita akan membahas mengenai pengertian bunga majemuk dan jenis-jenisnya yang ada disekitar kita.
Pengertian dan Jenis-Jenis Bunga Majemuk ( Antotaxis, Inflorescentia )
Bunga majemuk merupakan bunga yang tumbuh dalam satu batang dalam jumlah yang banyak dan bervariasi, biasanya bunga ini akan tumbuh pada bagian ketiak daun dan beragam, untuk banyaknya jumlah yang tumbuh tergantung dari umur batang tersebut, nah mengenai hal tersebut bunga majemuk dibedakan menjadi beberapa bagian yang wajib untuk anda ketahui, berikut ini adalah bagian-bagian bunga majemuk yang wajib untuk kita ketahui.
# Bagian bunga yang memiliki sifat seperti batang
  1. Ibu tangkai bunga ( Pendunculus )

Yaitu merupakan ibu tangkai bunga yang merupakan terusan cabang yang mendukung bunga majemuk tadi, yang menarik bunga ini mampu bercabang terus menerus dan ada pula jenis bunga yang tidak bercabang sama sekali.

  1. Tangkai Bunga ( Pedicellus )

Kemudian ada juga bagian yang disebut dengan tangkai bunga, tangkai bunga ini merupakan cabang ibu tangkai yang mendukung bunganya tadi, itulah kenapa bunga majemuk juga memiliki tangkai sama halnya dengan jenis bunga lain yang tumbuh pada tumbuhan.

  1. Dasar Bunga ( receptaculum )

Merupakan ujung pada tangkai bunga yang mendukung bagian-bagian bunga lainnya, biasanya untuk bagian ini akan tumbuh menjulang ketatas mengikuti arah sinar matahari.
# Bagian bunga yang memiliki sifat seperti daun
  1. Daun-daun pelindung ( Bractea ), biasanya untuk bagian ini akan muncul tangkai-tangkai bunga
  2. Daun tangkai ( bracteola ), yaitu satu atau dua daun kecil yang tumbuh pada bagian tangkai bunga, jika pada tumbuhan berbiji belah akan tumbuh dua daun pada setiap tangkai daun dan letaknya menjulang secara median, sedangkan pada jenis tumbuhan berbiji tunggal daunnya hanya satu saja.
  3. Seludang daun ( Spatha ), biasanya merupakan jenis daun pelindung yang menyelubungi setiap daun majemuk dalam satu batang.
  4. Daun-daun Pembalut ( Bractea inolucralis ), merupakan sejumlah daun-daun pelindung yang tersusun dalam satu lingkaran.
  5. Kelopak tambahan ( Epicalyx ), merupakan bagian serupa yang memiliki warna seperti daun kehijauan, biasanya tersusun atas satu lingkaran saja.
Sifat-sifat bunga majemuk
  1. Bunga majemuk terbatas ( Inflorescentia cymosa ), merupakan jenis bunga majemuk yang memiliki ciri-ciri pada ibu tangkainya selalu tertutup dengan suatu bunga, sehingga pertumbuhan pada ibu tangkai cukup terbatas, untuk ibu tangkai ini sendiri selalu bisa tumbuh bercabang dan setiap cabangnya bisa menghasilkan bunga. Biasanya pada bunga majemuk terbatas, untuk bunga yang pertama kali mekar terlebih dahulu yaitu bunga yang terdapat pada ibu tangkai.
  2. Bunga majemuk tidak terbatas ( Inflorescentia racemosa ), untuk jenis bunga majemuk ini biasanya ibu tangkainya akan tumbuh terus maupun tidak, dan akan ditumbuhi denga bunga-bunga baru. Biasanya banyak orang yang salah mengartikan bunga ini, walaupun seringkali terlihat tidak banyak bunga pada setiap batang, nyatanya pertumbuhan bunga ini selalu diawali dari bagian pinggir batang, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa bunga ini termasuk ke dalam bunga terbatas padahal bukan.

Nah itulah sedikit informasi mengenai pengertian bunga majemuk dan jenis-jenisnya, semoga informasi ini cukup bermanfaat. Keep belajar singkat tapi melekat.







You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive