, ,

Pengertian Biji ( Semen ) dan Bagian-Bagiannya

01.47

Pengertian Biji ( Semen ) dan Bagian-Bagiannya
belajar singkat
Berbicara mengenai biji tentu semua orang sudah tahu bahwa biji merupakan salah satu bagian dari tubuh tumbuhan yang terletak di tengah daging buah, biji merupakan cadangan makanan yang sebenarnya juga berfungsi sebagai salah satu metode untuk perkembangbiakan tanaman. Nah sahabat biologi, dikesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas beberapa informasi mengenai Biji ( semen ) yang merupakan salah satu alat perkembangbiakan utama yang nantinya akan menghasilkan tumbuhan baru ( lembaga ).
 Sebelum berada di dalam buah, biji terlebih dahulu akan duduk pada suatu tangkai yang keluar dari papan biji atau tembuni ( funiculus), kemudian pada bagian peletakan tali pusar dinamakan dengan  pusar biji ( hilus ), jika biji sudah masak, tali pusar akan putus.
 Pada pembahasan kali ini kita akan sedikit mengulas beberapa bagian pada biji yang penting untuk kita ketahui, pertama biji mempunyai bagian yang disebut kulit biji ( spermodermis ), yang mana kulit biji terletak dibagian luar dari biji atau yang membungkus biji itu sendiri, sedangkan untuk tali pusar sendiri merupakan deretan seperti benang yang berada di tengah biji, dinamakan dengan ( funiculus ), sedangkan bagian terakhir dari biji adalah inti biji atau isi dari biji itu sendiri ( nucleus seminis ).
Bagian-Bagian Detail Pada Biji ( Semen )
  1. Kulit Biji ( Spemodermis )

Pertama kulit biji merupakan bagian terluar dari biji, kulit biji sendiri adalah selaput bakal biji yang disebut dengan ( integumentum ), oleh karena itu kulit biji sendiri dibagi menjadi dua jenis terutama untuk jenis biji yang berasal dari biji tertutup ( Angiospermae ) yang terdiri dari dua lapisan yaitu,

  • Lapisan kulit luar ( testa), pada lapisan biji yang satu ini mempunyai keunikan sendiri dibandingkan dengan lapisan lainnya, dilapisan ini mempunyai bentuk yang tipis, tebal dan kadang juga kaku. Dan menariknya dilapisan ini juga bisa mengadirkan segala jenis warna baik itu merah, kuning dan juga biru.
  • Lapisan kulit dalam ( tegmen ), untuk lapisan ini memiliki bentuk yang sama halnya dengan lapisan pertama, namun jauh lebih tipis lebih mirip dengan kulit ari.
  1. Tali Pusar ( Funiculus )

Tali pusar sendiri merupakan tangkai biji dan terdapat didalam biji, biasanya ketika biji sudah masak, maka biji akan terlepas dari tali pusarnya. Sehingga pada biji akan terlihat tampak bekas tali pusar yang disebut dengan pusar biji.

  1. Inti Biji ( Nucleus Seminis )

Intibiji adalah bagian biji yang terdapat di dalam kulit biji, beberapa bagian biji yang ada di dalam inti biji seperti lembaga dan putih lembaga.

  1. Lembaga ( Embryo )

Lembaga sendiri merupakan calon tumbuhan baru ketika biji mempunyai syarat-syarat untuk tumbuh, pada bagian lembaga yang ada di biji sudah memperlihatkan ciri-ciri utama yang dimiliki oleh tumbuhan seperti halnya akar lembaga atau calon akar ( radicula ), daun lembaga ( cotyledo), yang mana merupakan daun utama pertumbuhan, batang lembaga ( caucicullus ), merupakan batang yang sudah terlihat.

  1. Putih Lembaga

Putih lembaga merupakan tempat atau suatu jaringan yang digunakan sebagai tempat cadangan makanan calon tumbuhan baru.

Nah itulah sedikit informasi mengenai biji dan beberapa bagian penting didalamnya, semoga bermanfaat.









You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive