, , ,

Rangkuman Bagian-Bagian Pada Bunga dan Penjelasannya

04.21

Bagian-Bagian Pada Bunga Lengkap/Sempurna dan Penjelasannya
Dari beberapa artikel yang sudah ada cukup untuk menjelaskan pengertian bunga hingga ke jenis-jenisnya sendiri, nah pada artikel kali ini kita akan sedikit mengulas informasi mengenai bagian-bagian bunga pada jenis bunga lengkap atau bunga sempurna, sebelumnya jika kalian masih belum terlalu paham apa itu bunga sempurna, silahkan simak artikel sebelumnya. 
belajar singkat
pixabay.com

Nah biolog tangguh, pada dasarnya bunga memiliki peranan yang begitu penting dalam pertumbuhan setiap tanaman dimuka bumi ini, karena dengan adanya bunga sebuah tumbuhan baru akan mudah untuk muncul, hal ini dikarenakan bunga mempunyai kemampuan untuk melakukan perkembangbiakan sendiri, terlebih dari bunga ini juga akan menghasilkan buah yang nantinya bisa dijadikan cadangan makanan setiap tumbuhan dan kadang juga menjadi makanan untuk makhluk hidup lainnya, untuk mengetahui informasi lebih lanjut, berikut ini adalah bagian-bagian penting yang terdapat pada bunga lengkap atau bunga sempurna.
  1. Dasar Bunga ( Receptaculum atau Torus )

Dasar bunga merupakan bagian yang mungkin jarang sekali diketahui oleh setiap orang, mengenai bentuknya sendiri dasar bunga memiliki sisi yang lebar dan sebagai tempat duduk bunga yang tumbuh, untuk mengetahui dasar bunga, kalian bisa melihat dibagian ujung batang yang sudah ditumbuhi oleh bunga, disana kalian akan melihat dasar bunga yang beredakatan dengan kelopak bunga. Dalam beberapa pengertian biologi sendiri, dasar bunga diberi nama yang berbeda-beda seperti, pendukung tajuk bunga, pendukung benang sari, pendukung putik, pendukung benang sari dan putik dan cakram.

  1. Kelopak ( Caylx )

Kelopak sendiri merupakan bagian bunga yang selalu salah diartikan sebagai bunga, sebenarnya untuk kelopak sendiri merupakan hiasan bunga yang notebenenya berasal dari modifikasi daun, jadi fungsi kelopak ini cukup penting terlebih pada saat bunga masih mengkuncup, kelopak akan melindungi dengan cara menyelubungi dari luar, setelah bunga mekar, biasanya kelopak akan menyusut atau rontok, pada jenis bunga tertentu kelopak juga berperan dalam pembentukan buah, misalnya pada jenis tanaman ceplukan.

  1. Mahkota Bunga ( Corolla )

Pada bagian ini merupakan salah satu hiasan bunga yang paling disukai oleh orang bahkan serangga dan jenis mahluk hidup lainnya, mahkota bunga memiliki warna yang bagus dan indah sehingga  cukup menarik untuk dilihat, terlebih ada banyak jenis mahkota bunga yang saat ini kita ketahui dengan bentuk yangb beragam. Pada dasarnya mahkota bunga ini sendiri adalah hasil modifikasi dari ujung tangkai bunga. Tugas dari mahkota bunga itu sendiri meliputi sebagai daya tarik bagi serangga dalam membantu penyerbukan bunga dan juga melindungi organ dalam bunga seperti putik dan benang sari.

  1. Benang sari ( Stemen )

Bagian yang penting berikutnya adalah benang sari, benang sari atau lebih dikenal dengan sebutan alat kelamin jantan ini mempunyai fungsi penting dalam perkembangbiakan di bunga lengkap atau sempurna, adaopun bagian-bagian dari benang sari sendiri adalah tangkai sari, kepala sari, penghubung ruang sari dan lainnya.

  1. Putik ( Pistillum )

Bagian berikutnya yang mungkin sudah cukup baik kalian kenal adalah putik, bagian ini merupakan alat kelamin betina pada setiap bunga, putik sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu putik tunggal dan putik majemuk.

Nah itulah beberapa bagian bunga lengkap atau sempurna yang harus kalian ketahui, semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk diketahui. Terimakasih.



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive