,

Rangkuman Materi Tentang Zakat

03.05



Pengertian Zakat
 Zakat menurut bahasa (lughat) artinya tumbuh, suci, dan berkah. Menurut istilah, zakat adalah pemberian yang wajib diberikan dari harta tertentu, menurut sifat-sifat dan ukuran kepada golongan tertentu.
 Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan disebutkan secara beriringan dengan kata salat pada 82 ayat di dalam al-Qur’ān. Allah Swt. telah menetapkan hukum wajib atas zakat sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’ān, Sunnah Rasul, dan Ijma ulama.
Hukum Zakat
 Allah Swt. telah menetapkan hukum wajib atas zakat sebagai salah satu dari lima rukun Islam yang disebutkan di dalam al-Qur’ān. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan di dalam al-Qur’ān., Sunnah Rasul-Nya, dan ijma’ para ulama.

Rangkuman Materi Tentang Zakat
  

Syarat dan Rukun Zakat
 Syarat dalam ibadah zakat, yaitu syarat yang berkaitan dengan subjek zakat/muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) dan objek zakat (harta yang dizakati).
1) Syarat zakat yang berhubungan  dengan subjek atau pelaku (muzakkī :
orang yang terkena wajib zakat) adalah sebagai berikut.
a)          Islam,
b)         Merdeka
c)          Baligh
d)         Berakal.
2) Syarat-syarat yang berhubungan dengan jenis harta (sebagai objek zakat) adalah sebagai berikut.
a)    Milik Penuh
` Artinya hak kepemilikan hanya dimiliki penuh oleh orang tersebut, tidak ada orang lain yang memilikinya atau ada hak dalam harta tersebut.
         b)    Berkembang
 Artinya harta itu berkembang, baik secara alami berdasarkan sunatullāh maupun bertambah karena ikhtiar manusia. Makna berkembang di sini mengandung maksud bahwa sifat kekayaan itu dapat mendatangkan income, keuntungan atau pendapatan.
         c)     Mencapai Nisab
Yaitu mencapai jumlah minimal zakat yang harus dikeluarkan. Contohnya nisab ternak unta adalah lima ekor dengan kadar zakat seekor kambing. Dengan demikian, apabila jumlah unta kurang dari lima ekor, maka belum wajib dikeluarkan zakatnya.
         d)  Lebih dari kebutuhan pokok
 Artinya harta yang dimiliki oleh seseorang itu melebihi kebutuhan pokok yang diperlukan oleh diri dan keluarganya untuk hidup wajar sebagai manusia.
         e)   Bebas dari Hutang
 Artinya harta yang dimiliki oleh seseorang itu bersih dari hutang, baik hutang kepada Allah Swt. (nażar atau wasiat) maupun hutang kepada sesama manusia.
         f)    Berlaku Setahun/Haul
 Suatu milik dikatakan genap setahun menurut al-Jazaili dalam kitabnya Tanyinda al-Haqā’iq syarh Kanzu Daqā’iq, yakni genap satu tahun dimiliki.
       Adapun yang termasuk rukun zakat adalah sebagai berikut.
1)    Pelepasan atau pengeluaran hak milik pada sebagian harta yang dikenakan wajib zakat.
2)    Penyerahan sebagian harta tersebut dari orang yang mempunyai harta kepada orang yang bertugas atau orang yang mengurusi zakat (amil zakat).
3)    Penyerahan amil kepada orang yang berhak menerima zakat sebagai milik.

Hikmah dan Keutamaan Ibadah Zakat
 Banyak sekali hikmah dan keutamaan ibadah zakat yang Allah Swt. perintahkan kepada hamba-Nya dan kaum muslimin. Di dalam al-Qur’ān Surat At-Taubah/9:103 Allah Swt. berfirman, Ambillah (sebagian) dari harta mereka menjadi sedekah (zakat), dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka ….” (Q.S. At-Taubah/9:103)
 Dari penjelasan ayat di atas, bahwa tujuan zakat adalah untuk membersihkan mereka (pemilik harta) dari penyakit kikir dan serakah, sifat-sifat tercela serta kejam terhadap fakir miskin, orang-orang yang tidak memiliki harta, dan sifat-sifat hina lainnya.
 Di sisi lain, zakat juga untuk menyucikan jiwa orang-orang berharta, menumbuhkan dan mengangkat derajatnya dengan berkah dan kebajikan, baik dari segi moral maupun amal. Hingga dengan demikian, orang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.
 Semoga bermanfaat dan selamat belajar singkat.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih untuk info nya, rangkumannya sangat nembantu saya dalam mengerjakan tugas sekolah saya🤗

    BalasHapus
  2. Full Pay – The highest paying variant of a video poker game. Usually related 온라인카지노 to games with excessive return-to-player percentages. Deuces and Joker Power Poker is a four-hand game that features one Wild Joker and 4 Wild Deuces, which enhance the player’s possibilities to win. At the top of each successful hand, gamers are offered the possibility to double their win through the use of the particular gamble function.

    BalasHapus

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive