,

Trik wawancara user yang bikin kamu layaknya professional

11.38



Trik wawancara user yang bikin kamu layaknya professional


Wawancara merupakan salah satu proses yang penting dalam sebuah prekrutan pegawai baru, baik karyawan atau bagian yang lainnya. Beberapa perusahaan ada yang menerapkan wawancara user namun banyak juga yang Cuma sampai wawancara psikolog. Wawancara user sendiri sebenarnya adalah untuk memastikan dan meyakinkan calon pekerja apakah sudah yakin dan siap untuk bekerja atau belum.

Banyak yang menganggap wawancara user hanya sebagai formalitas karena sebelumnya sudah wawancara psikolog. Hal ini sangat disanyangkan, meskipun demikian kita tidak boleh meremehkan sekecil apapun apa yang ada di depan mata kita.

belajarsingkat.com
pixabay.com


Banyak calon pekerja yang gagal di tahap wawancara ini. Banyak kesalahan yang mungkin sepele dilakukan pada tahap ini, misalnya penampilan, cara berjalan, dan suara yang kurang meyakinkan pewawancara.

Untuk itu, saya akan berbagi pengalaman kepada anda tentang wawancara user:

1.       Persiapan itu sangat penting

Dalam wawancara kita harus menyiapkan segalanya sampai kemungkinan terburuk, namun selama anda masih mempunyai cara, kemungkinan terburuk bisa ditekan seminimal mungkin. Kemungkinan buruk disini misalnya anda tidak bisa menjawab pertanyaan dari pewanwancara yang sebenarnya mudah. Oleh karena itu, sebelum wawancara dimulai anda harus bersiap – siap segalanya dimulai dari mental, fisik, dan hati. Percuma kan kalau badan sehat tapi hati sekarat.

2.      Penampilan harus menawan

Tidak peduli anda cantik atau cantik banget, ganteng maupun ganteng banget. Penampilan harus menawan supaya mendapat kesan pertama yang baik. Penampilan yang baik untuk wawancara user adalah menggunakan pakaian yang tidak terlalu mencolok, misal pakai kaos oblong. Anda tetap harus memakai kemeja warna polos. Saya sarankan untuk tidak memakai kemeja putih karena kemeja putih identik dengan karyawan baru semetara anda belum karyawan, masih tahap wawancara. Kecuali kalau memang disuruh memakai baju kemeja putih. Gunakan sepatu yang formal atau semi formal. Misal memakai pantofel.

Untuk wanita juga sama, usahakan jangan memakai high heel karena kita kan mau wawancara, bukan mau modelling. Gunakan baju yang menutup seluruh badan, jangan terlalu seksi. Nanti pewanwancara bisa salah fokus.

3.      Harus tetap kalem

Setelah melakukan persiapan penampilan, kita harus tetap kalem ketika berhadapan dengan pewawancara. Anggap saja si pewawancara itu bapak kita yang lagi menanyakan kepada kita mengapa pulang larut malam atau pergi bermain tanpa ijin.
Tetap lakukan kontak mata untuk meyakinkan pewanwancara bahwa anda siap kerja. Untuk menghilangkan grogi, anda bisa lakukan tips ini yaitu pandang bagian tengah dahi antara alis mata kanan dan kiri.

4.      Jujur itu guru

pixabay.com



Apapun yang ditanyakan oleh pewawancara usahakan berkata jujur. Karena selain berbohong itu tidak baik, dengan berkata jujur setidaknya anda sudah menunjukkan salah satu sikap yang dibutuhkan oleh perusahaan anda tempat melamar yaitu jujur.
Katakan semua yang anda ketahui tentang profil perusahaan dan diri anda. Ingat, diri anda sendiri, bukan keluarga anda. Katakan semua yang anda ketahui memang berdasarkan pengetahuan anda, bukan berdasarkan kata teman anda.

5.      Membaca situasi

Ini sederhana, apabila anda kebagian pewawancara yang tampangnya serius, jangan coba – coba untuk membuatnya marah karena lawakan anda. Level lucunya orang berbeda, mungkin anda hanya membuat supaya situasi tidak terlalu tegang, namun hal itu bisa berbeda dengan pendapat pewawancara. Harus pinta membaca situasi supaya tidak makan hati.

Mungkin hanya itu yang saya bisa kasih tips triknya, karena yang lain pada umumnya sama dan sudah sering dibahas oleh teman – teman blogger lain. Semoga berguna.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive