, ,

Trik Sederhana Belajar Listening Bahasa Inggris

23.58

Trik Belajar Listening Bahasa Inggris.



Belajar Listening Bahasa Inggris sebenarnya mudah, yang susah Cuma di awalanya saja. Ya, susah untukm meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Listening biasa diujikan dalam ujian Bahasa Inggris tingkat SMA/Sederajat. Untuk menguasai listening dengan baik, kita perlu belajar denggan beberapa trik simple dan sangat sederhana yang pasti menyenangkan.

rangkuman
pixabay.com


Ingat, ini trik untuk belajar Listening, bukan trik menjawab soal listening. Kalau trik menjawab soal Listening nanti saya akan posting artikel baru. Trik ini hanya untuk meringankan beban telinga kita terhadap kosakata Inggris atau bisa dikatakan untuk membiasakan telinga kita mendengar kata-kata Inggris dan spell words’nya. Supaya telinga kita terbiasa dan lebih peka terhadap kata.

Kita mulai ya…

1.     Musik dan Liriknya

Musik disini yang pasti harus berbahasa Inggris. Download lagu barat yang sekiranya mewakili perasaanmu pada saat itu lalu dengarkan dengan liriknya juga. Atau download aplikasi Spotify dan Musicmatch. Kombinasi aplikasi ini sangat cocok, karena Spotify memiliki jutaan music dan musicmatch memiliki liriknya. Tinggal dengarkan dan baca liriknya.

Dengan begitu telinga kita dan otak kita akan mulai mendapat kosakata baru. Nah, dari kosata baru itu kamu haru tahu setiap artinya.



Selain itu, supaya dalam belajar listening semakin mantap, perhatikan juga struktur kalimatnya. Tapi kalau belum juga tidak apa-apa. Yang penting telinga dan otak kita mendapat kosakata dan tahu artinya terlebih dahulu.

2.     Film dan subtitlenya.

Untuk point ketiga ini pasti disukai semua orang. Sederhana seperti poin pertama, kita hanya perlu memperhatikan struktur kalimatnya. Film disini pasti harus film yang berbahasa Inggris, karena kita mau belajar listening bahas inggris, bukan belajar Bahasa italia.

Pertama, download filmnya yang anda sukai dan berbahasa inggris. Kemuadian tonton dengan subtitle Bahasa Indonesia terlebih dahulu, setelah itu dengan subtitle Bahasa inggris. Otomatis otak kita akan mencoba mengingat arti dari setiap kalimat. Perhatikan juga struktur kalmatnya supaya kita belajarnya lebih mantap.

Saya menyarankan supaya untuk menonton W-Series, karena speaking dalam seriesnya sangat jelas dan menggunakan struktur kalimat yang benar dan suaranya juga cukup jelas. Jadi pas buat kita yang sedang belajar listening.

3.     Membaca lalu mengartikannya

Kalau yang satu ini sudah termasuk ke reading dan pemahaman Bahasa. Terkadang kalau kita ingin bisa mendengar, kita juga harus bisa membaca. Caranya sederhana, kamu hanya perlu membaca artikel atau berita atau karya sastra lainnya dalam Bahasa inggris. Kemudian kamu mencoba untuk menerjemahkannya ke Bahasa Indonesia.



Dengan begitu, kamu akan menemukan banyak sekali kosakata baru dan tentunya harus tahu artinya.

Setelah kamu menerjemahkannya, coba copy semua artikel tadi lalu pastekan di google translate atau bing translate. Kemudian dengarkan mesin penerjemah itu membacakan artikel yang di copy tadi. Klik tanda speaker untuk mendengarkannya, pilih inggris US lalu british, dengarkan perbedaannya.

Dengan demikian, telinga kita akan terbiasa dengan jenis inggrisnya mulai dari inggris US maupun inggris British.

4.     Menonton video Bahasa Inggris.

Kalau yang ini tidak beda jauh dari point kedua.

Kamu hanya perlu membuka youtube dan browsing video dengan berbahasa inggris, misal Vlog atau apalah. Coba dengarkan dan tangkap kosakata yang didapat, lalu pahami artinya. Nanti otak kita akan terbiasa dan telinga kita akan semakin peka terhadap kata – katanya. Dengan demikian, kita bisa listening dengan baik.



Itulah empat cara yang sangat simple dan sederhana. Semoga kita bisa lulus ujian nasional tahun ini bersama dan masuk di universitas yang sama. Sekian..

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive