,

Rangkuman Sifat Kritis Menurut Islam

20.22

Rangkuman Sifat Kritis Menurut agama Islam


               Sifat kritis merupakan salah satu dari akhlak mahmudah. Orang yang memiliki sifat kritis berarti memiliki akhlak yang baik dan mulia. Karena menurut Islam akhlak mahmudah adalah akhlak baik yang dimiliki seseorang berdasarkan pedomannya yaitu Alqur’an dan Sunnah. Kelebihan dari sifat kritis salah satunya adalah dengan memiliki idealisme.

Rangkuman Sifat Kritis Menurut Islam
pixabay.com


               Sifat kritis berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sifat tidak lekas percaya, selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan, dan tajam dalam penganalisisan. Sedangkan menurut istilah adalah sifat yang tidak mudah percaya dan mampu menunjukkan kesalahan orang lain supaya lebih mengerti. Tentu dalam menemukan kebenaran menggunakan cara-cara yang benar pula.

               Kelebihan memiliki sifat kritis:

1.      Memiliki idealisme yang kuat

Dengan bersifat kritis kita dituntut untuk memiliki sebuah idealisme yang brilliant. Idealisme yang kuat dan positif serta mampu menjadi contoh untuk orang lain. Tidak hanya sekedar idealisme namun tanpa memikirkan orang lain.

2.      Kepekaan

Memiliki sifat kritis membuat rasa kepekaan kita menjadi lebih. Kita dituntut untuk lebih peka terhadap lingkungan. Kondisi lingkungan yang kita naungi harus kita kritisi. Tidak sekedar mengkritisi tentunya. Tapi juga memberi contoh yang baik.

3.     Kepedulian sosial

Sifat kritis yang kita bangun dengan baik akan menimbulkan suatu rasa kepedulian sosial yang cukup tinggi. Kita mampu mengkritisi lingkungan sekaligus peduli dengan apa yang ada di lingkunagan kita. Apabila lingkungan kita tidak begitu baik, orang yang memiliki sifat kritis akan bertindak paling depan. Namun di jaman sekarang ini sulit rasanya menemukan orang yang seperti ini.

Selain kelebihan pasti ada kekurangannya, yaitu:

·       Dianggap keras kepala

Sebenarnya dalam islam tidak ada kekurang ataupun kerugian apabila kita memiliki sifat kritis, karena notabennya sifat kritis termasuk akhlak mahmudah. Namun dalam kehidupan ada saja orang yang berkomentar negatif.
Memiliki sifat kritis terkadang dianggap keras kepala karena memegang prinsip kalau belum terbukti benar belum percaya.

Namun sebelum berpikir kritis ada baiknya mendengarkan beberapa penjelasan ataupun testimoni dari orang yang sudah tahu atau sudah berpengalaman dibidangnya. Jadi kita mengetahui kebenarannya dengan cepat dan akurat.

·       Dikira kepo

Orang yang berpikir kritis sering dianggap kepo, karena sering bertanya. Namun dibalik itu semua adalah rasa penasaran yang begitu kuat membuat seseorang harus terus bertanya sampai menemukan jawaban yang pas dihatinya.

Sebenarnya itu bukan kekurangan, lebih tepatnya menjurus ke komentar orang.

Kesimpulan:

               Dengan bersifat kritis kita menjadi seorang manusia yang mulia dan bermutu karena kita tidak mudah mengatakan iya terhadap sesuatu namun kita mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya dengan cara yang benar pula.

               Selain itu, kita mampu menunjukkan bahkan membenarkan sesuatu yang keliru. Sesuatu yang menurut orang lain benar padahal kita tahu itu salah dan kesalahannya tadi ada dasar bukti yang kuat.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive