,

Rangkuman Materi Sistem Gerak Pada Hewan Kelas 8

14.37

 Rangkuman Materi Sistem Gerak Pada Hewan Kelas 8

Hewan memiliki sistem gerak tersendiri sesuai dengan kebutuhannya. Hewan yang ada di darat memiliki sistem gerak yang berbeda dengan hewan yang ada di laut. Begitu juga sebaliknya. Kecepatan hewan dalam bergerak juga berbeda-beda. Pergerakan hewan memiliki tujuan antara lain yaitu untuk mencari mangsa atau melindungi diri dari mangsa.

Rangkuman Materi Sistem Gerak Pada Hewan Kelas 8


·        1.  Gerak hewan dalam air

Hewan lebih sulit bergerak di air daripada di udara. Hal ini dikarenakan kerapatan air yang lebih besar dibandingkan di udara. Karena adanya gaya angkat oleh air dan massa jenis hewan yang hidup di air lebih kecil daripada lingkungannya membuat hewan di air dapat melayang-layang tanpa mengeluarkan banyak energi.

Bentuk tubuh hewan di air salah satunya adalah berbentuk torpedo atau streamline yang memudahkan hewan air untuk meliuk-liuk.

·         2, Gerak hewan di udara

Gerak hewan di udara sangat bergantung pada sayap. Karena massa jenis hewan yang ada di udara tidak mungkin menyamai massa jenis yang mendekati udara. Butuh upaya keras untuk melawan gravitasi bumi.

Sayap burung memiliki kerangka yang kuat dan ringan, selain itu juga memiliki otot yang kuat. Kepakan sayap burung akan menimbulkan gaya aksi terhadap udara  yang ada di bawah sayap. Sesuai hukum Newton III yaitu aksi dan reaksi. Maka ketika kepakan sayap memberikan aksi terhadap udara, maka udara akan memberikan reaksi terhadap sayap. Hal ini yang membuat burung bisa terbang.

 

·         3. Gerak hewan di darat

Hewan yang hidup di darat memiliki otot dan tulang yang kuat. Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi inersia (kecenderungan untuk diam) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive